Daerah

23 Desa di Pesawaran Dapat Web Domain Gratis

Pesawaran, Lintasberita-  Guna mengakses langsung terhadap setiap potensi dan kegiatan pembangunan yang dijalankan pemerintahan desa ke pelosok nusantara, sebanyak 23 desa dari 148 desa , yang ada di Kabupaten Pesawaran, menerima program web domain desa gratis dari Kemenkominfo pusat, melalui program Sejuta Domain Web Desa.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Pesawaran, Syafei secara simbolis telah menyerahkan “Pasport” Web desa terkait domain desa, yang terkoneksi langsung dengan Kominfo dan Kementrian kepada 23 desa penerima. Penyerahan pasport Web sendiri dilaksanakan di Aula Kantor Kominfo Pesawaran, Rabu (21/2).

Menurut Syafei pemberian Web ini tidak terbatas hanya kepada 23 desa saja, tapi diharapkan semua desa yang ada di kabupaten ini nantinya sudah memiliki Web sendiri. Dengan web Desa lanjutnya diharapkan kepada Kepala Desa (Kades) melalui operatornya bisa mengaplod atau mengakses setiap potensi dan program kegiatan pembangunan yang ada di desanya masing- masing.

“Dari 1 juta Web Domain desa yang digulirkan Kemenkominfo. Kita baru 23 desa saja yang telah siap dan sudah menandatangani MoUnya,” ucap Syafei.

Dijelaskannya, tidak ada kriteria atau syarat khusus yang diberlakukan kepada ke 23 desa yang mendapatkan bantuan. Semua dikarenakan ke 23 desa itu, lebih awal merespon dan mendaftarkan desanya ke Kominfo.

“Jadi gak ada syarat- syarat itu, pokoknya siapa yang lebih awal mendaftar itu yang didahulukan. Karena kapasitas bantuan sementara hanya untuk 23 desa, ya itu dulu yang dibantu. Meskipun berdasarkan data yang ada pada kita, itu sudah60 desa terdaftar,” ungkapnya.

Terkait terhadap pemberian Web gratis kepada desa, dikatakan pihaknya hanya sebatas memfasilitasi, menyiapkan komponen dasar pembuatan Media Web dan mengaktifkannya. Sedang untuk teknis pengoperasiannya diserahkan kepada desa sendiri untuk menentukan jaringan mana yang akan digunakan.

“Kita hanya memfasilitasi, menyiapkan komponen dasar pembentukan media webnya saja dan ngidupinnya lagi. Untuk pengoperasiannya kita serahkan kepada desa untuk memilih jaringan mana yang akan dipakai, apa pake Tekomsel, Indosat atau Tri, itu terserah desa,” tandasnya.

Ke 23 desa penerima Pasport Web diketahui merupakan desa – desa yang berada di 4 Kecamatan, yakni Kecamatan Gedongtataan, antara lain Desa Sukaraja, Way Layap, Kuto Harjo dan Desa Kurungan Nyawa. Kecamatan Negeri Katon, Desa Purworejo, Tri Rahayu dan Desa Pejambon. Kacamatan Way Lima, Desa Suka Banjar dan Desa Padang Manis dan Kecamatan Way Khilau, Desa Tanjung Kerta, Penengahan dan Desa Kubu Batu. (rwan)

Berita Terkini

Add Comment

Click here to post a comment

58 + = 66