Advetorial Tulang Bawang Barat

ADV: “Meriah”, Tulangbawang Barat Tuan Rumah MTQ Ke-47 Provinsi Lampung

(Foto ; istimewa)
Kemeriahan pembukaan MTQ Ke-47 provisi Lampung di Tubaba (27/4/2019)

Lintasberita.id- Ribuan masyarakat ikut memeriahkan pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-47 Provinsi Lampung yang dilangsungkan di komplek Islamik Center kelurahan Panaragan Jaya, kabupaten Tulangbawang Barat dengan mengusung tema “Allah memberi waktu kita menuju cahaya”.

Pada pelaksanaan pembukaa MTQ ke-47 Provinsi lampung tersebut Ada 4 bangunan utama yang sepenuhnya terbuat dari bambu dengan arsitektur yang sangat unik. Yang pertama adalah lorong waktu berbentuk bubu yang membentang sepanjang 200 meter. Lorong tersebut menggambarkan perjalanan manusia dari segumpal tanah menuju cahaya.

Yang kedua adalah sembilan menara yang menggambarkan kabupaten tulangbawang barat yang terdiri dari 9 kabupaten dan 9 kelompok masyarakat. Kemudian yang ketiga adalah bangunan khafilah yang diperuntukan untuk 1500 kafilah. Dan yang terakhir adalah kubah panggung. Ujung dari lorong waktu adalah kubah panggung utama. Desainnya meniru bentuk rebung bambu, sebuah tunas kehidupan yang dalam perjalanan waktu akan tumbuh kuat dan kokoh, tetapi juga lentur.

Dalam sambutannya Bupati Tulangbawang Barat H. Umar Ahmad,SP mengucapkan selamat datang di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai kepada Bapak Gubernur Lampung dan tamu undangan lain yang berasal dari luar Kabupaten Tubaba.

“Sungguh merupakan sebuah kebanggaan dan kebahagiaan bagi kami, keluarga besar masyarakat kabupaten Tulangbawang Barat, di usia yang masih muda yaitu 10 tahun, mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ Ke-47 Provinsi Lampung,” ungkap H. Umar Ahmad, SP pada pembukaan MTQ ke-47 Provinsi Lampung. Sabtu (27/4/2019)

Umar menambahkan, Penunjukan sebagai tuan rumah MTQ ini, di maknai sebagai sebuah kesempatan untuk belajar menjadi pelayan yang baik bagi masyarakat luas, sekaligus berkontribusi bagi kemajuan Provinsi Lampung.

“Penyelenggaraan MTQ ini pun ingin kami jadikan sebagai penyemangat dalam proses pembangunan daerah, karena di usianya yang baru genap 10 tahun, Kabupaten Tulangbawang Barat memang sedang berbenah, memperbaiki diri, dan berupaya meraih kesejajaran dengan kabupaten/kota lain yang sudah lebih dahulu maju dan berkembang'” kata dia.

Gurbernur Ridho Ficardo saat menghadiri MTQ

Selain itu H. Umar Ahmad, SP menjelaskan, MTQ Ke-47 Provinsi Lampung dilaksanakan di Kabupaten Tulangbawang Barat, mulai tanggal 26 April hingga 3 Mei 2019.

“Beberapa rangkaian kegiatan sudah dilaksanakan sebelum secara resmi dibuka pada malam hari ini, di antaranya, Malam Taaruf dan Pelantikan Dewan Hakim, Technical Meeting dan Pengesahan Peserta, Pawai Taaruf, dan Pembukaan Bazaar MTQ. Adapun tema yang diangkat pada MTQ Ke-47 Provinsi Lampung ini adalah”Allah Memberi Waktu, Kita Menuju Cahaya”.

“Dengan tema tersebut, diharapkan melalui MTQ ini kita dapat lebih menghargai waktu, memanfaatkannya untuk beribadah, meningkatkan keimanan, beramal sholeh, serta nasehat-menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. Dalam agama Islam, dimensi waktu sangatlah penting. Kita dituntut memanfaatkannya secara efisien untuk meraih kebaikan bagi diri sendiri maupun bersama,” cetusnya.

H. Umar Ahmad, SP menjelaskan, pemilihan tema Allah memberi waktu kita menuju cahaya dipilih dari surah (QS Al Ashr:1-3) yang berbunyi sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, dan saling menasihati supaya mentaati kebenaran, dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran.(QS Al Ashr:1-3),” paparnya.

Kemudian Umar menjelaskan secara rinci dalam pelaksanaan MTQ Ke-47 Provinsi Lampung di Kabupaten Tulang Bawang Barat akan menggelar 8 cabang perlombaan, yaitu ;

1.Cabang Tilawatil Quran
2.Cabang Qiroat
3.Cabang Hifdzil Quran
4.Cabang Tahfidz
5.Cabang Fahmil Quran
6.Cabang Syarhil Quran
7.Cabang Khottil Quran, dan
8.Cabang Musabaqah Makalah Ilmiah Quran.

“Pelaksanaan lomba untuk 8 (delapan) cabang tersebut dilaksanakan di 2 (dua) kecamatan, yaitu Kecamatan Tulang Bawang Tengah dan Tulang Bawang Udik, dengan memanfaatkan Aula Kantor Pemerintah Daerah, Gedung Olahraga, Sessat Agung, Masjid, Pondok Pesantren, dan Aula Sekolah atau Madrasah. Sedangkan untuk pemondokan, para kafilah dan dewan hakim kami tempatkan di penginapan dan rumah-rumah penduduk yang ada di sekitar arena perlombaan,” tutupnya.

Tamu undangan pembukaan MTQ

Selanjutnya Gubernur lampung M. Ridho ficardo yang membuka perhelatan MTQ ke-47 Provinsi Lampung itu mengungkapkan banyaknya pembangunan dikabupaten Tulangbawang Barat yang mempunyai nilai seni sehingga dapat menjadi daya tarik bagi pengunjung.

“Kabupaten tulangbawang barat yang dulunya disebut daerah bukan-bukan, namun dihari ini menjadi bukti bahwa kabupaten Tulangbawang Barat bukan daerah bukan-bukan lagi dengan sejumlah perubahan terutama pembangunan yang mempunyai cita rasa seni yang sangat baik,” ungkap Gubernur Lampung pada saat pembukaan MTQ ke-47 Provinsi Lampung.

Menurut Rido ficardo, jadi bukan hanya membangun insfratruktur tapi juga membangun suatu peradapan. Mengingat kabupaten Tulangbawang Barat menjadi kabupaten termuda namum pembangunannya sungguh sangat membanggakan. Termasuk dalam penyelenggaraan MTQ ke 47 yang mengusung tempat yang unik dan dengan menggunakan insfratruktur bambu,” kata Gubernur.

Pada kesempatam itu juga GUbernur menghimbau masyarakat, setelah sekian lama kepenatan dalam penyelenggarakan Pileg dan Pilpres diharapkan kegiatan-kegiatan semacam ini dapat meredakan tensi di masyarakat dan bisa menghilangkan skat-skat dalam perbedaan pendapat pada pilpres kemarin.

“Memang kontestasi pileg dan pilpres sangat menyita tenaga dan fikiran. Namum pada kesempatan ini dalam kegiatan ini saya berharap dapat meredakan tensi terutama dapat kembali mempererat tali silaturahmi antara masyarakat,” harapnya.

Selanjutnya, menutup sambutannya Gubernur berpesan untuk dewan hakin dan dewan juri harus dapat bersikap jujur adil dan amanah dalam memberikan penilaian terhadap qori dan qoriah. (ADV)

Add Comment

Click here to post a comment

74 − = 71

 

Lintas Berita di Twitter