oleh

ADV: PUPR Tubaba Percepat Pembangunan Infrastruktur Wajah Ibu Kota Kabupaten

Lintasberita.id- Pemerintah KabupatenTulangbawang Barat (Pemkab-Tubaba) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat terus berupaya mempercepat pembangunan infrastruktur terutama pada wajah di ibu kota Kabupaten yang berjuluk Ragem Sai Mangi Wawai.

Dalam upaya percepatan pembangunan di Ibu kota Kabupaten Tubaba Tahun 2020 ini, Dinas PUPR akan meningkatkan dua ruas jalan poros Kabupaten setempat yakni Ruas jalan Simpang Selegar sampai dengan Tugu Rato (Tugu Naga) dan disambung dengan pembangunan ruas jalan Tugu Rato menuju Tugu Panaragan Jaya.

Kadis PUPR kabupaten Tubaba Iwan Mursalin melalui Baharrudin selaku Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga mengatakan, pihaknya menargetkan peningkatan ruas jalan tersebut menjadi dua jalur dan akan dirampungkan ditahun 2020 dengan menggunakan dana yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Tapi, tidak semuanya akan dibuat dua jalur, yang pasti akan kita sesuaikan dengan kondisi di Lapangan serta anggarannya, nanti kira- kira mana yang lebih utama untuk dibuat dua jalur maka itu yang akan didahulukan nantinya. Yang jelas disemua ruas jalan yang ditingkatkan itu akan kita buatkan marka penerangannya, walaupun sebenarnya yang lebih berwewenang untuk marka jalan itu adalah Dinas Perhubungan. Tetapi kita Sama- sama mengetahui kalau Dinas tersebut dananya terbatas, makanya Dinas PUPR yang akan sekalian membuatkan,” kata Baharrudin saat dijumpai diruang Kerjanya. Selasa, (24/3/2020).

Kadis PUPR Tubaba, Iwan Mursalin

Baharrudin menjelaskan, sumber dana yang digunakan tersebut berasal dari DAK bidang Bina Marga tahun 2020 dengan kisaran sekitar Rp41 milyar.

“Makanya kita pecah menjadi dua ruas jalan diantaranya untuk ruas jalan Simpang Selegar sampai dengan Tugu Rato sekitar Rp17 milyar lebih, sementara untuk ruas jalan Tugu Rato menuju ke Tugu Panaragan Jaya sebesar Rp23 milyar lebih. Dua peningkatan jalan tersebut jika ditotalkan menghabiskan anggaran sekitar Rp41 milyar,” jelasnya.

Lebih lanjut, Baharrudin memaparkan, untuk tehknis pengerjaan dilapangan nantinya akan diarahkan juga ke jalan Protokol menuju Uluan Nurik yang memang memiliki potensi daya tarik untuk para wisatawan lokal maupun dari luar daerah.

Sekretaris PUPR Tubaba, Rizal Irawan

“Nanti akan kita arahkan juga kesana, tapi tidak sepenuhnya, sebab kita juga menyesuaikan anggaran yang ada, karena yang lebih kita utamakan yakni di dua ruas jalan poros itu.” imbuhnya.

Saat ini Pemkab Tubaba tengah mengajukan permintaan lima ruas jalan ke Pemerintah Propinsi Lampung untuk di kelola oleh Pemerintah Kabupaten.

“Untuk tahun 2020 ini, baru dua ruas jalan itu saja yang bisa kita kelola karena keterbatasannya anggaran, semoga saja kedepan semua ruas jalan yang kita ajukan tersebut bisa terealisasi sehingga bisa secepatnya dibangun, dan membuat perekonomian Kabupaten Tubaba semakin pesat berkembang,” pungkasnya. (Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed