oleh

AKHI Lampung Gelar Manasik Haji Di Metro


Manasik haji di Masjid Ar-Rahman Metro Utara Kota Metro

Lintasberita.id- Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) Provinsi Lampung menggelar manasik haji di Masjid Ar-Rahman Metro Utara Kota Metro. Senin, (24/06/2019). 

Kegiatan pembinaan dan bimbingan manasik haji tersebut mengangkat tema  “Menciptakan jemaah haji yang mandiri sehingga menjadi haji yang mabrur dan mabruroh”. Pada kesempatan itu, AKHI Lampung memberikan penyuluhan kesehatan selama ibadah haji di arab saudi, yang dipaparkan oleh narasumber dr. Edy Ramdhani yang juga pengurus AKHI Lampung. 


Dalam kesempatan itu, dr. Edy mengedukasi calon jemaah haji mengenai cara mengenali dan mencegah faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan selama melaksanakan ibadah haji, serta mengenalkan tentang kesehatan selama penerbangan dan pengenalan alat perlindungan diri (APD). Kemudian cara mencegah sengatan panas, bagaimana pemilihan sandal jemaah untuk mencegah kaki melepuh, serta penjelasan penggunaan obat rutin yang dikonsumsi.


“Momen ini tidak hanya kami pakai untuk pembelajaran kepada calon jemaah haji, tetapi lebih kepada pembinaan calon jemaah haji agar memahami manasik haji, itu kebutuhan guna menjaga kesehatan diri para jemaah sehingga dapat menjalankan ibadah haji dengan istithaah . Karena sesungguhnya Allah SWT sudah memanggil kita untuk menunaikan ibadah haji dan umrah,” jelas dr.Edy.


Ia menjelaskan, bahwa harus ada niat dalam diri seorang Muslim untuk menunaikan ibadah haji dan umrah. “Minimal ada niat pergi haji jika mampu, tapi harus  menghadirkan keinginan untuk memampukan diri menunaikan haji. Ketika niat sudah hadir, ditambah ikhtiar, insyaAllah, Allah Maha Kaya, sangat mudah bagi Allah SWT menjadikan hambanya mampu berangkat ke Tanah Suci,” jelasnya.


Sementara itu, Ketua AKHI Lampung dr. Zam Zanariah,Sp.S. M.Kes mengutarakan, bahwa  kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja rutin AKHI Lampung yang sebelumnya memang sudah sering terlaksana, kini terus dilaksana secara continue ketika manasik haji. “Pelaksanaan kegiatan pemeriksaan dan pembinaan kesehatan jemaah haji ini adalah dalam rangka memelihara dan meningkatkan kondisi kesehatan jemaah haji, sehingga mencapai istithaah kesehatan haji,” ungkapnya.


“Pentingnya para calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini, untuk selalu memelihara kondisi kesehatannya walaupun sudah dinyatakan Istithaah Kesehatan, karena tidak tertutup kemungkinan akan berubah menjadi kondisi yang tidak baik untuk berangkat, disebabkan lalai menjaga dan meningkatkan kesehatan dirinya”, tambahnya.


“Semoga dengan hadirnya AKHI Lampung di tengah jemaah haji Lampung akan memudahkan jemaah dalam memahami dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, terutama selama penyelenggaraan ibadah haji”, timpal dr. Zam Zanariah. (Eko/rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed