oleh

“Alasan Jelas” Fraksi PDIP Pesawaran Siap Penuhi Panggilan DPD

lintasberita.id- Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesawaran siap penuhi panggilan yang akan dilakukan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Lampung terkait ketidak hadirannya mereka dalam acara pembagian bantuan sekaligus menyerap aspirasi masyarakat yang dihadiri oleh Sudin selaku ketua komisi IV DPR RI dari partai PDIP.

“Kami siap, karena kami (Anggota fraksi) memiliki alasan yang jelas tidak hadir dalam kegiatan tersebut,” jelas Ketua Fraksi PDIP Pesawaran Aria Guna. Kamis (12/3).

Menurut Arya, ketidak hadiran mereka disebabkan karena adanya kegiatan dinas luar, yaitu kunjungan kerja (Kunker) yang dilakukan di Kabupaten Tanggerang.

“Kami berangkat kunker itu dari tanggal 8-11 Maret, sedangkan acara ketua DPD ditanggal 11, kami kan belum pulang. Jadi kami tidak bisa hadir kegiatan tersebut,” paparnya.

Dirinya juga membenarkan, bahwasannya DPD telah melayangkan surat undangan untuk DPC PDIP Pesawaran, agar anggota fraksi menghadiri acara tersebut.

“Undangan itu dikirim oleh staf DPC via WhatsApp tanggal 10 ke saya, karena kami masih kunker, akhirnya setelah berkoordinasi dengan ketua DPC, kami akhirnya mengirimkan surat balasan ke DPD, yang isinya permohonan izin kami tidak bisa hadir,” ungkapnya.

“Dalam surat izin kami itu, ada tiga item yang kami cantumkan, pertama kami izin karena ada kegiatan kunker di luar daerah, kemudian sekertaris DPC yang sedang sakit, kemudian wakil Bupati pak Eriawan yang harus menggantikan Bupati untuk kegiatan Rakor Kepala Daerah di Provinsi Lampung,” tambahnya.

Sementara itu Ketua DPC PDIP Pesawaran, M. Nasir, membenarkan, ketidak hadiran fraksi PDIP Pesawaran pada acara yang dihadiri ketua DPD tersebut, disebabkan adanya kunker semua anggota keluar kota.

“Kita Kunker semua keluar kota, dan kami sudah melayangkan surat permohonan izin. Tapi kalau ketua DPD masih mencari kami berarti itu sebagai bentuk kecintaan ketua DPD kepada kami,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan menyerap aspirasi masyarakat masa reses 2019 – 2024 yang di lakukan Ketua Komisi IV DPR RI dari Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) Sudin di Kabupaten Pesawaran tidak di hadiri Ketua DPC dan seluruh anggota Fraksi PDIP.

Menanggapi ketidakhadiran tersebut Sudin yang juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai PDIP Provinsi Lampung berpesan kepada masyarakat untuk tidak memilih lagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang tidak amanah.

“Inikan acara untuk kemaslahatan masyarakat, ini malah anggota DPRD dari Fraksi PDIP yang ada di Pesawaran tidak ada yang hadir dengan alasan sibuk, padahal sudah diundang menggunakan surat resmi, padahal kabupaten lain tanpa surat resmi pun pasti dateng,” jelasnya saat acara penyerahan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dari pemerintah pusat melalui program aspirasi DPR RI Dapil Lampung I, di Desa Purworejo Kecamatan Negeri Katon, Rabu (11/3).

Sudin menyayangkan kalau kesibukan menjadi alasan bagi ketua DPC dan anggota fraksi untuk absen dalam kegiatan untuk masyarakat tersebut.

“Merekakan merasa tidak butuh ketua DPD kita lihat saja nanti, kalau berbicara sibuk saya juga sibuk, harus keliling Indonesia, belum lagi mengurus urusan pribadi saya, tapi ini karena menyangkut masyarakat saya korbankan karena saya sadar saya dipilih oleh masyarakat, ini diundang aja gak mau dateng apalagi menyerap aspirasi masyarakat,” tegasnya.

Dirinya juga akan meminta Bidang Dewan Kehormatan, agar memanggil anggota Fraksi PDIP Pesawaran yang tidak hadir dalam acara tersebut.

“Ini kan ada Wakil Ketua Bidang Kehormatan DPD PDIP, nanti mereka pasti dipanggil kemudian ditanyakan alasannya apa tidak hadir, kemudian mekanisme lanjutannya seperti apa kita serahkan kepada bidang kehormatan,” pungkasnya. (Imron)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed