oleh

Bentuk Tim Pora Tingkat Kecamatan, Langkah Positif Pemkab Pesawaran

Lintasberita.id- Memiliki beberapa objek vital khususnya pariwisata dan program nasional yang akan dibangun dan terbentuknya Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) tingkat Kecamatan di Kabupaten Pesawaran merupakan salah satu langkah positif.

“Mengingat Kabupaten Pesawaran memiliki beberapa objek vital khususnya pariwisata dan program nasional yang akan dibangun, tentunya adanya tim Pora ini suatu langkah luar biasa,” kata Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat menghadiri dan membuka rapat Koordinasi dan pembentukan Tim Pora tingkat Kecamatan, yang dilakukan di hotel Urban Style by Front One, Kabupaten Pringsewu, Selasa (14/7/2020).

Apalagi, kata dia, Pesawaran memiliki sejumlah destinasi wisata unggulan di Provinsi Lampung, yang memerlukan pengawasan terhadap orang asing yang datang.

“Kalau untuk tenaga kerja asing yang ada pada perusahaan bisa dipantau, tapi jika untuk wisatawan asing yang datang, ini yang memang agak sulit Pengawasannya, ditambah memang wisata di Pesawaran masih berbasis masyarakat, misalnya tempat menginap kita belum memiliki hotel tapi lebih kepada homestay yang dimiliki warga sekitar,” kata Bupati.

Pihak terkait, kata dia, juga harus memberikan edukasi kepada agen trevel untuk mekanisme pengawasan terhadap orang asing.

“Makanya kedepan kita juga perlu memberikan edukasi kepada para agen travel di Pesawaran mengenai mekanisme pengawasan terhadap orang asing, karena tidak menutup kemungkinan wisatawan mancanegara banyak yang berkunjung ke Kabupaten Pesawaran,” terang Bupati.

Ia pun menerangkan, penataan dan pengawasan wisata akan menjadi fokus yang lebih kedepannya.

“Kita sudah memiliki gedung Tourist Information Center (TIC) di Kecamatan Teluk Pandan tujuannya untuk mempermudah pengawasan terhadap wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata yang kita miliki, dan rencananya nanti kita akan bentuk juga polisi pariwisata dan kita tempatkan juga tim Pora disitu,” tambah Bupati.

Dilanjutkan dia, dengan adanya Tim Pora ini, merupakan langkah untuk mempermudah akses investasi dan melegalkan kunjungan orang asing ke Kabupaten Pesawaran.

“Tapi yang perlu diketahui semua upaya tersebut merupakan untuk mempermudah akses investasi, caranya ya dengan melegalisasi terhadap kunjungan orang asing ke Kabupaten Pesawaran,” jelas Bupati.

Bupati juga minta Tim Pora Kabupaten Pesawaran tak hanya mengawasi terkait keberadaan orang asing melainkan ikut berpartisipasi aktif dalam memberikan informasi mengenai dinamika yang ada di tengah masyarakat.

“Saya minta Tim Pora yang telah dibentuk nantinya bukan hanya fokus terhadap pengawasan terkait keberadaan orang asing saja di Kabupaten Pesawaran, tapi juga ikut berperan terhadap memberikan informasi dinamika yang ada ditengah masyarakat seperti human traficking maupun peredaran narkoba, dimana tak jarang bandar narkoba besar ini adalah orang asing,” kata Bupati.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bandar Lampung yang diwakili oleh Fahrurrazi selaku Kasi Lalulintas Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Provinsi Lampung menuturkan, bahwa pembentukan tim Pora Kecamatan dalam rangka fungsi pengawasan terhadap orang asing.

“Ya, hampir di seluruh wilayah di Provinsi Lampung kita akan bentuk tim Pora hingga tingkat Kecamatan, tujuannya adalah sebagai wadah koordinasi dan kolaborasi serta terintegrasi guna melakukan pertukaran data mengenai orang asing yang ada di daerah sekitar kita,” terang dia. (Ref/Im)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed