oleh

BPBD Pesawaran Himbau Anggota Tanggap Bencana Hadapi Cuaca Ekstrim

Lintasberita.id- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesawaran menghimbau kepada para anggota tanggap bencana di beberapa desa siap siaga menghadapi cuaca ekstrim.

“Saat inikan kita baru memiliki sekitar sepuluh desa yang ada anggota desa tanggap bencana, dan desa desa yang sudah punya ini memang desa yang kita anggap rawan bencana dan merekalah yang kita imbau agar siap siaga,” jelas Kepala BPBD Kabupaten Pesawaran Mustari, Selasa (5/5/2020).

Mustari mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan anggota tanggap bencana, dan sampai dengan tahun ini, Kabupaten Pesawaran baru memiliki 10 desa tanggap bencana, dan hal itu yang akan dimaksimalkan di cuaca ekstrem saat ini.

“Untuk penambahan, kita saat ini belum bisa lantaran terbatasnya waktu untuk pelatihan, namun ditahun depan kemungkinan kegiatan ini akan dilanjutkan lagi,” paparnya.

Dirinya menjelaskan, masyarakat desa tanggap bencana yang sudah dilatih dapat membantu masyarakat ketika di desa tersebut terjadi bencana.

“Masyarakat yang sudah dilatih ini, nantinya akan membantu mengevakuasi warga, memberi pemahaman kepada masyarakat agar tidak panik ketika ada bencana, ” ungkapnya.

Dirinya juga mengingatkan, kepada masyarakat khususnya masyarakat yang ada di kecamatan yang sering mengalami bencana, agar selalu waspada, mengingat cuaca saat ini sering hujan.

“Untuk masyarakat, khusus yang berada di Kecamatan Way Lima, Padang Cermin, Way Ratai, dan Kedondong untuk berhati-hati, karena kita ketahui lokasi yang disebutkan itu pegunungan yang sering mengalami tanah longsor dan juga banjir,” tutur dia. (Im/Ref)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed