Bandar Lampung Kriminal

Bupati Chusnunia Chalim Digugat Mantan Kadis

Yelly Basuki (Tengah), usai masukan gugatan di PTUN. (ft.eko)

Lintasberita.id- Yelly Basuki Kuasa Hukum dari Yuliansyah mantan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Timur yang di turunkan jabatannya menjadi Sekretaris Inspektorat Lampung Timur oleh
Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim (Nunik), melaporkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandar Lampung, Rabu (24/4).

Menurut Yelly Basuki bahwa kliennya tersebut telah melakukan gugatan dalam hal ini Nunik yang secara tiba -tiba menurunkan jabatan Kliennya tanpa dilaksanakan prosedur terlebih dahulu.

“Yuliasyah itu sebelumnya adalah kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lamtim, entah dari mana tahu -tahu pada bulan Maret terima petikan surat, diturunkan jabatannya dari Kepala Dinas menjadi Seketaris Inspektorat Lamtim,” ungkapnya.

Yelly Basuki menambahkan, perbuatan ini pelanggaran yang sangat berat bagi seorang ASN, Yuliansayah tidak pernah dipanggil, tidak pernah dimintai klarifikasi, tidak pernah mendapatkan teguran dalam bentuk apapun, tapi tahu-tahu menerima surat tersebut, oleh karna itu pihaknya mengajukan keberatan.

Lanjut Yelly Basuki, bahwa pihsknya juga sudah mengajukan keberatan administrasi kepada Gubernur Lampung, namun sampai dengan waktu yang sudah ditetapkan sesuai dengan undang-undang ternyata tidak mendapat tanggapan dengan baik.

“Karena tidak mendapatkan tanggapan dengan baik, maka kami ajukan gugatan ini ke Pengadilan Tata Usaha Negara Bandar Lampung, kami menuntut agar Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim agar membatalkan surat keputusan tersebut dan memgembalikan jabatan semula sebagai Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Timur,” timpalnya.

Yelly menjelaskan, sangat boleh seorang bupati melakukan hal tersebut, namun haruslah terpenuhi syarat-syaratnya, harusnya di lakukan pemanggilan, dilakukan klarifikasi, di liahat ada tidaknya kesalahannya.

“Persoalan ini kan tidak ada kesalahan, tidak pernah di panggil, bahkan selama menjadi ASN selama 35 tahun beliau (Yuliasyah,- red) tidak pernah ada teguran, tiba- tiba terima surat petikan di turunkan jabatannya, menurut kami ini perbuatan sewenang- wenang,” kata Yelly Basuki.

Pihanya juga telah mengirimkan surat sesuai dengan administrasi, namun tidak pernah mendapat tanggapan yang baik, dengan mengatakan hanya sekedar surat belum menjadi masalah.

“Kita tidak terpancing, kita lakukan keberatan secara administrasi, namun tidak ada tanggapan, ya sudah kita masukan gugatan ini,” katanya lagi.

Saat ini PTUN masih dalam proses Dismissal (Meneliti dan memilah gugatan yang masuk ke Pengadilan) atas gugatan kepada Bupati Lampung Timur yang telah mengeluarkan surat keputusan nomor 821.22/414/25-SK/2019 tanggal 18 /2 /2019 tentang pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian PNS dari jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Lampung Timur atas nama Yuliasyah. (Eko)

Add Comment

Click here to post a comment

+ 67 = 77

 

Lintas Berita di Twitter