oleh

Bupati Dendi Minta ASN Pesawaran Donor Darah

Lintasberita.id- Selain menangani masalah pandemi corona (covid -19) stok darah PMI (Palang Merah Indonesia) menjadi salah satu perhatian Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona.

Bupati Dendi menjelaskan, bahwa PMI butuh setidaknya 4000 kantung darah per bulan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit lain selain Corona.

“Saya mendapat informasi stok darah di PMI menipis, seharusnya ada 100- 130 kantung darah di PMI untuk penanggulangan pasien DBD dan penyakit lainnya,” ungkapnya usai mendonorkan darahnya di Desa Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran Lampung, Jum’at (17/4/2020).

Ditambahkan, dirinya akan melakukan donor darah secara massal untuk membantu kekurangan stok darah yang ada di PMI.

“Nanti senin lah, saya akan meminta ASN di Pemkab Pesawaran untuk donor darah, kalau sehari ada 50-100 kantung kan sudah lumayan, untuk sementara kita masih di ruang lingkup Pemkab saja,” jelas dia.

Namun kata dia, harus ada sosialisasi kepada semua pihak untuk tidak ragu dalam mendonorkan darah mengingat di masa pandemi Corona banyak orang khawatir nantinya akan mengurangi imun tubuh.

“Yang jelas kita akan sosialisasikan, bahwa donor darah tidak mengurangi kadar imun tubuh, jadi semua pihak bisa membantu menambah stok darah untuk menangani wabah DBD dan penyakit lain,” tutur dia.

Sementara itu, Ketua PSMTI Pesawaran Rahman Darmawan menjelaskan target donor darah hari ini adalah 40 orang namun saat ini sudah mencapai 46 orang yang melakukan donor, dan itu sangat baik, dimana setiap tetes darah berguna untuk yang membutuhkan.

“Selain donor darah, kami dari PSMTI juga akan melaksanakan kegiatan bhakti sosial kedepannya, yakni membagikan makanan kepada para pemulung, ojek online dan pedagang asongan, kemudian juga bakal membagikan sembako kepada yang membutuhkan untuk meringankan beban saudara kita yang membutuhkan,” terang dia. (Im/ref)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed