oleh

Bupati Dendi Serahkan Sertifikat Tanah Kepada 100 Nelayan

Lintasberita.id- Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah kepada 100 nelayan di Desa Sukamaju, Kecamatan Punduh Pedada. Acara berlangsung di Balai Desa setempat. Senin (10/8/2020).

Dalam sambutannya, Dendi meminta kegiatan seperti ini agar dapat dilaksanakan secara terus menerus. Sebab, kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah dalam pemerataan pembangunan di Kabupaten Pesawaran.

Menurutnya, kegiatan sertipikasi hak atas tanah nelayan (SeHat-Nelayan) ini merupakan Program Lintas Sektoral Kantor Pertanahan Nasional Kabupaten Pesawaran dan Pemkab Pesawaran dalam rangka legalitas pelaku usaha mikro dan kecil. Dalam hal ini pelaku usaha khususnya nelayan yang ada di Bumi Andan Jejama.

“Kegiatan ini dimaksud, untuk memberikan kepastian hukum hak atas tanah milik , sehingga dapat di manfaatkn nelayan mengakses permodalan di lembaga , seperti bank atau non-bank,” ujar Dendi.

Selain itu, sertifikasi hak atas tanah di Kabupaten Pesawaran sejak tahun 2017 sampai saat ini telah terealisasi sekitar 560 sertifikat untuk nelayan. Sementara, untuk tahun ini terealisasi sebanyak 100 sertifikat tanah melalui Program SeHat Nelayan untuk Desa Sukamaju.

“Desa Sukamaju, merupakan salah satu desa pesisir Kabupaten Pesawaran yang memiliki potensi cukup besar. Dan diharapkan dengan adanya program dari pemerintah dapat mendorong masyarakat nelayan mengembangkan usahanya,” harap Dendi dihadapan ratusan penerima sertifikat ini.

Sementara, Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pesawaran, Nurus Sholichin, A.Ptnh.,M.M., dalam sambutannya yang diwakilkan Kasi Hubungan Hukum Pertanahan, Alandes mengatakan, perlu di ketahui melalui Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) Kabupaten Pesawaran memperoleh kuota 9.700, yakni lintor 200 bidang di Desa Sukamaju dan Desa Gunung semua teralisasi dengan baik.

Hal ini dikarenakan, berkat kordinasi dan kerjasamanya, serta arahan dari Bapak Bupati Pesawaran maka program ini tepat dalam pelaksanaannya.

“Mudah-mudahan dengan terbitnya sertifikat, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Sukamaju dan dapat meminimalisir sengketa masalah tanah,” ujar Kakan BPN Kabupaten Pesawaran.

Diketahui, hadir pada acara ini, Anggota DPRD Pesawaran. Fahmi Fahlevi, Kadis Perikanan, Kasi Hubungan Hukum BPN Pesawaran, Alandes mewakili Kepala BPN Pesawaran, Nurus Sholichin, A.Ptnh.,MM, Sekcam Punduh Pedada, Bhabinkantibmas, Babinsa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. (Im/Ref)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed