Daerah

Bupati Loekman Buka Kegiatan BID

Bupati Loekman saat memberikan hadia kepada peserta BID.

Foto: wjy
Lampung Tengah, Lintasberita- Bupati Lampung tengah Loekman Djoyosoemarto membuka Bursa Inovasi Desa (BID) 2018 di gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Sabtu (29/9/2018).

Dalam sambutannya, Loekman meminta kepala kampung agar lebih kreatif dalam membangun desanya, program inovasi seperti infrastruktur, kewirausahaan, sumber daya manusia, sehingga dalam melaksanakan pembangunan desa akan menjadi lebih tepat sasaran.

Dengan inovasi, banyak hal yang bisa di lakukan oleh pemerintah desa, sehingga tidak fokus hanya dalam satu hal saja didalam pembangunan.

Ia berharap, janganlah pada setiap kegiatan kampung selalu ikut ikutan dengan kampung yang lain, karena di setiap kampung pasti berda dalam program pembangunan desa. Diharapkan, untuk kepala kampung bisa bertanya terkait bursa inovasi desa pada para narasumber .

“Bisa nanti bertanya terkait pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia, pelayanan sosial dasar, serta infrastruktur desa,” ujarnya.

Menurutnya, program inovasi desa salah satunya yaitu kegiatan BID, yang diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif dan merupakan salah satu bentuk dukungan kepada Desa / kampung agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan Dana Desa / kampung sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

“Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa pada hari ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan inovasi–inovasi baru bagi Desa / kampung untuk berpartisipasi dalam proses menggali dan memanfaatkan potensi yang ada,” terangnya.

Loekman berharap seluruh Kampung yang ada di Kabupaten Lampung tengah agar mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya secara efektif, guna meningkatkan kesejahtraan masyarakat kampung.

“Untuk para camat agar mengawal bersama sama, dokumen kampung dan membantu memperbaiki bila masih belum lengkap,” tuturnya.

Selanjutnya Loekman juga berikan piala dan uang pembinaan pada 12 orang yang menjadi juara dalam program inovasi, dari enam orang katagori umum dan enam dari pelajar SLTA.

Loekman juga meminta pemenang lomba agar lebih bermakna inovasi jangan hanya di Lampung Tengah saja. Ia juga perintahkan kepada Kadis satu pintu untuk memberikan hak paten dengan mendaftarkan ke pusat. (wjy)

Berita Terkini

Add Comment

Click here to post a comment

3 + 3 =