oleh

Bupati Pesawaran Serahkan 60 Ekor Kambing di Desa Cipadang

lintasberita.id- Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyerahkan 60 ekor kambing untuk diternak oleh masyarakat di Balai Desa Cipadang, Kecamatan Gedong Tataan, Rabu (18/12/2019).

Bibit kambing tersebut nantinya akan dipelihara oleh kelompok peternak di desa tersebut yang kemudian digulirkan kepada kelompok ternak lainnya secara bergilir.

“Masing-masing kelompok menerima lima ekor bibit kambing, kemudian setelah dua tahun akan mendapat anak kambing empat ekor. Nah, inilah yang akan kita ambil dan kita serahkan ke kelompok lain yang membutuhkan,” kata Dendi.

Ia juga menerangkan, bahwa bibit kambing tersebut sebagai upaya peningkatan ekonomi dimasyarakat yang memang sebagai peternak kambing.

“Bantuan bibit kambing ini harus tepat sasaran,yakni diterima oleh mereka yang memang sebagai peternak. Lalu, kedepan akan menjadi tambahan pendapatan bagi masyarakat sendiri,” terang dia.

Soal pakan ternak berbentuk konsentrat, pemerintah daerah akan mengarahkan dengan memberikan pengarahan atau pelatihan. Pakan ini dianggap proporsional untuk peternakan kambing agar lebih produktif dan memiliki nilai ekonomis.

“Ya memang, pakan konsentrat labih bagus dari pada pakan biasa. Untuk itu, kita akan lakukan pengarahan atau setidaknya pelatihan kepada masyarakat peternak. Tapi,biasnya mereka malah sudah lebih pintar duluan,” tutur dia.

Dendi juga berharap kepada kelompok ternak yang menerima bantuan bibit kambing dapat merawatnya dengan baik dan bisa mempertanggungjawabkan nantinya.

“Bantuan ini tidak boleh disalah gunakan, mereka yang menerima bantuan bibit kambing harus benar-benar dapat merawat sehingga mampu berkembang biak dan dapat dibagikan kepada kelompok lain,” tegas dia.

Diketahui, bantuan bibit kambing tersebut diperuntukan 12 kelompok yakni sesuai dengan jumlah dusun yang ada di Desa Cipadang. Masing-masing kelompok akan mendapat lima ekor bibit kambing. (Imron)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed