Headline

Bupati Winarti Teken MOU Kemenkumham

Bupati Winarti saat tanda tangani MOU dengan Kemenkumham.

foto: candra
Bandar Lampung, Lintasberita- Bupati Tulangbawang Winarti menghadiri kegiatan Penandatanganan Nota Kesepahaman, Peresmian Desa atau Kelurahan Sadar Hukum dan Pengukuhan Duta Hak asasi Manusia serta Pengarahan Menteri Hukum dan HAM kepada CPNS Kanwil Lampung, acara berlangsung di Hotel Novotel Kota Bandar Lampung, Rabu, (12/9).

Kegiatan dihadiri Bupati atau Walikota se-Provinsi Lampung, salah satunya Bupati Tulangbawang yang hadir didampingi Inspektur Inspektorat Pahada Hidaya, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Desia Kusumayuda, dan Kabag Hukum Anuari serta pejabat lainnya dilingkup Pemkab Tulangbawang.Sementara, Gubernur Lampung hadir diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Taufik Hidayat, lalu Menkumham diwakili Kepala Pembinaan Badan Hukum Nasional yang juga murupakan sebagai Kepala Badan Litbang Hukum dan HAM, Prof. Benny Rianto.

Pada kesempatan itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung Bambang Haryono dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan yang terlaksana merupakan bentuk upaya bersama dalam meningkatkan kesadaran hukum.

“Acara ini adalah salah satu bentuk perbentukan karakter sadar hukum dengan cara pembentukan kelompok-kelompok masyarakat sadar hukum, seperti lewat pengukuhan Duta HAM SMA atau SMK dan pembentukan Desa Sadar Hukum, ini sebagai bentuk upaya kita agar masyarakat bisa semakin sadar hukum,” terangnya.

Ditempat yang sama Bupati Winarti juga turut menandatangani Mou antara Pemda Kabupaten Tulangbawang dengan Kemenkumham Kanwil Lampung yang berisi tentang, pembentukan produk hukum di Daerah dan Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) dan Indikasi Geografis (IG).

“Dari penandatanganan Mou ini, saya berharap kedepan dapat terciptanya sinergitas yang semakin intens dan efektif dalam upaya kita mewujudkan produk hukum Daerah yang berkualitas dan taat asas,” tutur Winarti.

Ia juga berharap, inovasi-inovasi yang muncul dari masyarakat Tulangbawang bisa dilindungi kepemilikannya.

“Dengan pengakuan sebagai pemilik hak cipta, jangan sampai yang berinovasi tetapi orang lain yang mengakuinya. Untuk itu, mari berfikir berinovasi menciptakan produk lokal unggulan Kabupaten Tulangbawang,” pungkasnya.

Adapun wujud kerjasama itu diantaranya yakni Mou antara Kantor Disdukcapil Tulangbawang dengan Rutan Kelas IIB Menggala, tentang percepatan pencapaian kepemilikan dokumen kependudukan bagi warga binaan di kabupaten Tulangbawang. (*)

Berita Terkini

Add Comment

Click here to post a comment

+ 73 = 82