oleh

Desa Padang Ratu Dirikan Posko Tanggap Covid-19

Lintasberita.id- Desa Padang Ratu, Kecamatan Gedong Tataan, Pesawaran mengikuti intruksi Bupati Pesawaran membuat posko tanggap covid-19. Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Padang Ratu, Sukri Zubir. Selasa (7/4/2020).

“Ya sekarang ini sudah ada posko tanggap Covid-19, letaknya di Balai Desa Padang Ratu untuk pusat pelaporan masyarakat terkait kesehatan masyarakat dalam pandemi Corona ini,” kata Sukri.

Dikatakan dia, dalam posko tersebut pihak desa menyediakan peralatan penyemprotan disinfektan, hand sanitizer, masker dan suplemen vitamin, untuk menjaga kebugaran para aparat ataupun relawan yang bekerja memantau penyebaran Covid-19.

Menurutnya, saat ini banyak warga yang berdatangan dari luar daerah, dan hal itu sangat penting untuk dijaga agar Desa Padang Ratu tetap aman dari penyebar Covid-19.

“Ada 33 orang yang masuk dari luar daerah, termasuk 4 diantaranya dari luar negeri, dan sekarang warga tersebut dihimbau agar mengisolasi diri selama 14 hari, agar kondisinya benar- benar sehat, meskipun semuanya sudah dinyatakan sehat,” jelas dia.

Untuk mencegah adanya warga yang lolos masuk dari luar daerah dan tidak melapor, para kadus yang ada wajib keliling untuk mengecek masing- masing warga yang ada di sekitar mereka.

“Kita minta kadus keliling, kan kita udah tau warga- warga mana yang keluarganya kerja di luar Lampung, jadi kita cek, tapi sekarang dengan adanya virus corona ini, warga lebih tanggap dan langsung melapor kalau ada yang keluarganya datang, lalu kita minta agar tetap di rumah jangan keluar- keluar, sampai 14 hari,” terang dia.

Kemudian, lanjut dia, di era internet saat ini, pihak desa membuat sebuah grup di medsos, untuk saling berbagi informasi, khususnya terkait corona.

“Jadi dengan internet ini, kita hanya komunikasi lewat medsos, jadi mengurangi berkumpulnya warga, dan yang di posko penanggulangan covid juga tidak 24 jam di posko, tetapi 24 jam kita harus bertindak kalau ada laporan terkait covid- 19 ini,” tutupnya. (Ref/Im)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed