Headline

Diduga Bermasalah, Kades Cipadang Dan Ketua BUM-Des Menghilang

Mobil yang disinyalir dibeli dari Anggaran BUM-Des (ft.imron)

Pesawaran, LB- Miris!, Badan Usaha Milik Desa (BUM-Des) Desa Cipadang Kecamatan Gedong Tataan diduga hanya ‘akal akalan’ oknum Kepala Desa.

Hal itu lantaran usaha milik desa yang dianggarkan melalui Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2018 sebesar Rp100 juta terkesan tidak berjalan.

Anehnya saat dimintai komentar terkait persoalan tersebut, ketua, sekertaris dan bendahara BUM-Des setempat mengaku tidak saling mengenal.

Hal tersebut seperti di akui M. Zainuri selaku bendahara BUM-Des Desa Cipadang.

Dari pengakuan Zainuri, dirinya ditunjuk sebagai bendahara oleh Sunarmin selaku Kepala Desa Cipadang. Dan sampai saat ini dirinya tidak mengenal Iskandar Zulkarnain selaku Sekertaris BUM-Des.

“Tidak, saya tidak kenal sama Pak Iskandar. Orangnya juga saya belum tau yang mana, saya hanya dikasih tau kalau sekretaris BUM-Des namanya Iskandar Zulkarnain,” katanya ketika dikonfirmasi, dikediamannya, Sabtu (5/1) lalu, seraya mengaku bahwa sebagian dana tersebut digunakan untuk membeli kendaraan dan ada yang tersimpan di rekening BUM-Des.

Diberitakan sebelumnya, Sekretaris Badan Usaha Milik Desa (BUM-Des) Desa Cipadang Kecamatan Gedong Tataan Iskandar Zulkarnain, mengaku tidak pernah di libatkan dalam pengelolaan BUM-Des.

“Memang distruktur organisasi saya sebagai sekretaris, tapi dari pertama di bentuk saya tidak pernah tahu apapun, aneh kan?,” tanya Iskandar.

Menurut Iskandar, dirinya pernah mempertanyakan hal tersebut kepada Kepala Desa. Namun jawaban yang sampaikan Kades tidak memuaskan.

“Persoalan ini pernah saya tanyakan kepada pak Kades, bagaimana kabar BUM-Des. Jawabnya sudah jalan sudah beli mobil dan jual beli beras, tapi saya gak ditembusin dan diberi tau,” ujar Iskandar.

Sebelumnya Iskandar juga menjelaskan bahwa, banyak keanehan dalam pengelolaan BUM-Des di Desa Cipadang.

Selain tidak transparan, saya selaku sekretaris tidak pernah di kasih tau berapa jumlah dana yang ada dan kapan turunnya, kemudian untuk membeli apa dan tersebut saya juga tidak pernah dilibatkan.

“Demikian pula saat awal pembentukan kepengurusan BUM-Des dirinya tidak pernah di undang rapat, bahkan saya tidak mengenal Yusron Abrori, orang yang menjadi ketua BUM-Des itu,” terangnya.

Sementara itu hingga berita ini diturunkan, ketua BUM-Des Desa Cipadang Yusron Abrori, tidak bisa di konfirmasi terkait persoalan diatas. Bahkan, terkesan menghindar dari konfirmasi wartawan. (Imron/red)

Berita Terkini

Add Comment

Click here to post a comment

86 − 77 =