oleh

Dinas Bina Marga Lampung Konsentrasi Jalur Pariwisata Pesawaran

Lintasberita.id- Akibat guyuran hujan, sejumlah ruas jalan Provinsi di Kecamatan Padang Cermin sempat tertutup yang diakibatkan tertimbun tanah longsor. Menyikapi kejadian tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung akan mempelajari penyebab terjadinya longsor.

“Kita akan pelajari dan kaji apa penyebab longsor dan kerusakan disini, jadi penanganannya harus jangka panjang, kalau jangka pendek tadi pak Bupati (Dendi Ramadhona) masih fokus untuk membuka akses transportasi yang tadinya tertutup longsoran tanah, tapi kita lihat ini akses jalannya sudah bisa dilewati kendaraan,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung Mulyadi Irsan saat meninjau lokasi longsor di Dusun Margo Dadi, Desa Diantar Persiapan, Kecamatan Padang Cermin, Selasa (31/3/2020).

Mulyadi pun mengaku akan melakukan pemetaan terhadap sejumlah titik yang rawan terjadi longsor.

“Karena ini merupakan ruas Provinsi, kita akan lihat spot-spot yang rawan dan perlu penguatan itu yang menjadi prioritas, jadi jangan sampai hari ini kita benahi tapi besok terjadi musibah seperti ini lagi,” terangnya.

Menurut Mulyadi, daerah Pesisir Kabupaten Pesawaran merupakan fokus Pemprov Lampung untuk pengembangan wisata.

“Ini kan ruasnya dari Lempasing, Padang Cermin hingga ke Kiluan, kedepan ini jadi sasaran pariwisata Provinsi Lampung dan jalur ini merupakan akses pariwisata kita, jadi kita tidak akan mengurangi konsentrasi kita disini,” ujarnya.

Apalagi, tambah Mulyadi, sudah ada rencana dari Pemprov Lampung untuk peningkatan akses di daerah Pesisir Kabupaten Pesawaran sebagai bentuk dukungan untuk pengembangannya.

“Pak Gubernur (Arinal Djunaidi) juga sudah menyiapkan pembangunan jembatan dari Kunyit hingga Duta Wisata dan dari Duta Wisata sampai dengan Kiluan akan dibuat menjadi dua jalur,” katanya.

“Untuk desain jembatan sudah kita buat dan diusulkan kepada Kementerian, tapi karena ada musibah penyebaran wabah ini, jadi anggaran masih difokuskan untuk penanganannya, jadi kita belum bisa bicara kapan bisa direalisasikan sebelum penanggulangan wabah Corona ini selesai,” timpalnya.

Disisi lain, Pemprov Lampung juga fokus melakukan perbaikan terhadap sejumlah ruas jalan Provinsi yang ada di Kabupaten Pesawaran.

“Ada juga fokus yang kita akan lakukan perbaikan seperti ruas Pasang Cermin hingga Kedondong, karena itu juga akses pendukung ke tempat wisata,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona berharap dukungan penuh dari Pemprov Lampung dalam hal pengembangan pariwisata dan juga infrastruktur.

“Dalam penanganan longsor ini kita fokuskan dulu untuk membuka aksesnya dulu, tapi yang pasti kita sangat berharap dukungan penuh untuk pengembangan wisata kita termasuk akses infrastruktur pendukung, dan juga infrastruktur yang berada di Kecamatan lainnya, sehingga diharapkan bisa berdampak bagi pengembangan dan peningkatan perekonomian warga,” tutupnya. (Imr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed