oleh

Dinas Perkimta Tubaba Realisasikan BSPS Untuk 104 Penerima

Lintasberita.id- Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimta) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) merealisasikan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Wilayah kumuh untuk 104 penerima bantuan (PB) Swadaya di Tubaba.

Ir. Abdul Sani, M.M., Kepala Dinas Perkimta Tubaba melalui Sekretaris Singgih Prasetyo.SP., menyampaikan, jika saat ini pihaknya tengah merealisasikan 104 penerima BSPS untuk wilayah kumuh yang di salurkan dari pemerintah pusat melalui DAK sesuai dengan peraturan Bupati nomor 155 tahun 2014 tentang penetapan lokasi perumahan kumuh dan permukiman kumuh.

“Adapun bantuan tersebut tersebar di enam Tiyuh / kelurahan diantaranya Tiyuh menggala mas sebanyak 15 Kepala Keluarga (KK), Tiyuh Bandar dewa sebanyak 15 kk, Tiyuh Pulung kencana 19 KK, Panaragan jaya 15 KK, Daya murni 20 KK, dan di kelurahan Mulya asri sebanyak 20 KK,” jelas Singgih Prasetyo saat dijumpai di ruang kerjanya. Kamis (17/09/2020).

Selanjutnya, Singgih menjelaskan bantuan BSPS yang bersumber dari DAK ini bernilai Rp.17.500.000, dalam tahap pencairannya tiga tahap, dan dalam pencairan tersebut harus menggunakan laporan dari pembelanjaan material yang mereka belikan di toko bangunan sebanyak nilai pencairan.

“Misalkan tahap pertama Rp. 7.500.000 dan tahap kedua dengan nilai yang sama senilai Rp. 7.500.000, dan tahap ke tiga senilai Rp. 2.500.000, untuk biaya upah tukang pembangunan, dan untuk Prioritasnya PB adalah punya tanah sendiri dan rumah yang tidak layak huni, tentunya PB harus ada untuk dana swadaya, karena ini adalah bantuan yang untuk bersqadaya,” jelasnya.

Singgih menambahkan, program BSPS yang bersumber dari DAK tersebut ditargetkan rampung pada September 2020 ini.

“Harapan kami semoga dengan bantuan tersebut bisa bermanfaat bagi warga masyarakat Tubaba khususnya kepada penerima bantuan dan bisa di gunakan sebaik mungkin, dan kami dari Pemerintah Daerah Tubaba dalam hal ini Dinas Perkimta Tubaba akan selalu berupaya untuk mendorong dalam pengajuan ke pusat dengan kuota sebanyak mungkin agar di Tubaba bisa terbantu dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungkasnya. (Khoiri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed