oleh

Dinas Pertanian Tubaba Fokus Tingkatkan Produksi Padi

lintasberita.id- Dinas Pertanian Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Tahun 2020 tetap berkomitmen fokus tingkatkan produksi tanaman padi yang tersebar diseluruh Kecamatan yang ada Kabupaten setempat. Senin, (3/2/2020).

Target produksi tanaman padi tersebut cukup meningkat dari Tahun 2019 yang hanya 85.000 Ton dan untuk tahun 2020 ini meningkat menjadi 98000 ton, dengan luas sawah 11.340 hektar diantaranya 8000 hektar sawah irigasi dan sisanya non irigasi, dengan produktivitas Rata-rata 5,1 Ton per hektar.

Menurut Ir.Syamsul Komar atau yang lebih kenal Acui selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tubaba, target tersebut jauh lebih rendah dibandingkan tahun 2018 lalu, hal tersebut menurutnya dikarenakan adanya perbaikan saluran irigasi.

“Akibat perbaikan saluran Irigasi itu, sehingga luas tanam menjadi berkurang dan itu menjadi faktor utama menurunnya produktivitas, namun demikian kalau dibandingkan dengan tahun 2019 target kita meningkat untuk tahun ini, dari 85000 ton menjadi 98000 ton,” kata Acui saat dijumpai diruang kerjanya.

Lebih lanjut, Acui menuturkan, selain perbaikan irigasi salah satu faktor, menurutnya produktivitas dari tahun 2018 itu akibat tidak bisa melakukan penanam dua kali.

“Di Kabupaten Tubaba ini ada dua masa musim tanam yakin rendeng dan gaduh, untuk musim rendeng diantaranya dari bulan Oktober sampai Maret, dan musim gaduh dari bulan April sampai September. Sementara untuk saat ini hanya bisa ditaman pada musim rendeng saja karena faktor perbaikan irigasi, sebab yang jelas ketersediaan air ini cukup mempengaruhi pada produktivitas padi,” tuturnya.

Meskipun demikian, Dinas Pertanian Tubaba tetap mengupayakan para petani agar tetap meningkatkan produktivitas padi, dengan memanfaatkan fasilitas secara maksimal dan mendinamiskan kelompok tani agar posisi nilai tawar semakin meningkat.

“Untuk itu kita tetap optimis target itu akan tercapai, karena salah satu penunjang tanaman yakni pupuk, saat ini mekanisme pendistribusian sudah semakin maksimal.” tutupnya. (Khoiri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed