oleh

Disdukcapil Pesawaran Jemput Bola, Bupati Dendi Ikut Sambangi

lintasberita.id- Kekosongan blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), selama beberapa bulan terkahir membuat ribuan antrian data siap cetak atau print ready record yang belum dilakukan, dan akhirnya menumpuk di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pesawaran.

“Kalau masyarakat yang sudah merekam e-KTP itu sudah sampai 1.200 masyarakat, namun karena blanko saat ini sedang kosong jadi kita belum bisa cetak, dan akhirnya masyarakat yang melakukan rekaman baru kita berikan surat keterangan (Suket),” jelas Kepala Disdukcapil Pesawaran Ketut Partayasa yang dalam hal ini diwakili Kasi Identitas Penduduk Aniswani, saat membuka pelayanan jemput bola di Desa Trimulyo Kecamatan Tegineneng. Kamis (5/12/2019).

Dirinya juga mengatakan, jumlah pemohon setiap harinya bertambah dari 100-200 pemohon dalam sehari yang datang ke kantor Disdukcapil untuk melakukan perekaman e-KTP.

“Jadi kalau ada masyarakat yang melakukan perekaman seharusnya langsung di cetak, tapi karena keterbatasan blanko jadi kita hanya memberikan Suket terlebih dahulu, sampai blanko ada baru kita cetakan e-KTP nya,” ungkapnya.

“Tapi kita bisa mencetakan e-KTP kalau untuk hal hal yang dianggap perlu, seperti masyarakat yang ingin membuat BPJS, kemudian pelajar- pelajar yang baru lulus sekolah, kemudian masyarakat yang hendak bekerja ke luar negeri,” tambahnya.

Dirinya juga menjelaskan, Disdukcapil Pesawaran mendapatkan jatah blanko e-KTP dari pusat 500 keping dalam sebulan.

“Cukup tidak cukup jumlah itu yang harus kita cetakan dalam sebulan, sedangkan dengan jumlah segitu hanya bertahan 2-3 hari saja pasti langsung habis, karena banyaknya pemohon tarikan,” pungkasnya.

Diketahui, disela sela kegiatan jemput bola yang dilakukan Disdukcapil Kabupaten Pesawaran, disambangi secara langsung oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, dan dalam kesempatan itu juga terlihat Dendi berbincang dengan masyarakat yang sedang menunggu giliran untuk melakukan perekaman.

“Sekarang rekaman dulu, cetaknya nanti karena sekarang ini blanko e-KTP lagi kosong, jadi saya minta kepada masyarakat yang mengurus e-KTP untuk bersabar, tapi kalau untuk pelayanan Adminduk lainnya, seperti KK ataupun Akte bisa langsung jadi,” tutupnya. (Imron)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed