Daerah Tulang Bawang Barat

DLH Tubaba Segera Tinjau Pembuangan Bangkai Ayam

Tulangbawang Barat, LB- Menyikapi adanya keluhan masyarakat tentang limbah bangkai ayam yang diduga sengaja di buang di aliran sungai Tulung Sawo oleh pengelola kandang ayam. akhirnya Dinas Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) akan melakukan peninjauan lokasi.

Pasalnya keberadaan kandang ayam yang terletak di belakang perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tubaba tersebut sempat di keluhkan oleh petani karet setempat, diduga pengelola kandang ayam kerapkali membuang bangkai ayam yang mati ke aliran sungai atau daerah rawa-rawa disekitar kandang ayam tersebut, hingga menimbulkan aroma menyengat yang tidak sedap.

Ironinya, saat melakukan peninjauan di lokasi sekitar kandang, benar saja Tim menemukan adanya puluhan ekor ayam mati mengambang di aliran sungai yang diduga sengaja dibuang oleh pemilik kandang ayam tersebut.

Saat di konfirmasi, Yono, penjaga sekaligus pengurus kandang ayam tersebut mengakui hal itu namun dirinya mengungkapkan bahwa hal itu adalah printah Rudi Tanjung selaku Pemilik kandang.

“Jujur saja kalau buang di sana emang iya tapi gak sering-sering amat karena kita juga gak ada tempat pemusnahan bangkainya, kalau tidak di buang di situ biasanya di ambil orang buat pakan lele. Nanun untuk panen terakhir ini memang dibuang disungai itu. Yang membuangnya Asep atas printah Rudi tanjung pemilik kandang,” beber Yono pengurus kandang ayam saat dikonfirmasi dilokasi kandang ayam beberapa waktu lalu.

Sementara menyikapi hal itu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Tubaba mendampingi Nizom Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Tubaba, saat di konfirmasi mengatakan bahwa pihaknya siap untuk melakukan peninjauan dalam waktu dekat ini.

“Semuanya ada prosedurnya dan itu akan kita tindak lanjuti kita akan kroscek bersama bidang nya, dan kebetulan yang membidangi sedang Dinas Luar. Namun akan kita upayakan sesegera mungkin untuk meninjau kelokasi tersebut,” ucap Sekretaris DLHD, Senin (22/4).

Dirinya menjelaskan, kita harus memastikan dulu untuk meninjau kelokasi dan Kalau untuk SOP kita sudah ada.

“Kalau memang terbukti bersalah atau menyalahi aturan nanti akan ada sangsinya dan lebih parahnya itu nanti ada pidananya.” tegasnya. (Khoiri)

Add Comment

Click here to post a comment

71 − 64 =

Lintas Berita di Twitter