Daerah

DPRD Pesawaran Gelar Paripurna LKPj Bupati TA. 2017

Pesawaran, Lintasberita- DPRD Pesawaran menggelar Rapat Paripurna tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati tahun anggaran 2017. Paripurna dilaksanakan di Aula DPRD setempat, Selasa (3/4).

Rapat Paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD M.Nasir, dihadiri Bupati Dendi Ramadhona dan Wakilnya Eriawan, serta 30 Anggota DPRD setempat.

Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona dalam penyampaiannya mengatakan, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah Kabupaten Pesawaran adalah laporan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah selama 1 tahun anggaran yang disampaikan oleh Kepala Daerah kepada DPRD. Sehingga, LKPJ merupakan wujud akuntabilitas pemerintah dan wujud pengawasan DPRD, yang pada dasarnya memuat gambaran tentang kinerja yang telah dicapai selama 1 tahun anggaran.

“Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah merupakan bagian dari mekanisme dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan, yang berkaitan dengan penyelenggaraan tugas-tugas pokok dan fungsi Pemerintah Daerah, yaitu meliputi pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan, pembangunan dan pelayanan, serta pemberdayaan masyarakat,” ujar Dendi.

Dikatakan Dendi, tugas pokok dan fungsi tersebut merupakan wujud dari pelaksanaan otonomi daerah, serta mengacu pada Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (KUA) Kabupaten Pesawaran Tahun 2017.

“Adapun muatan yang terkandung dalam laporan ini menjelaskan tentang Arah Kebijakan Umum Pemerintah Daerah, Pengelolaan Keuangan Daerah secara Makro, termasuk Pendapatan dan Belanja Daerah, Penyelenggaraan Pemerintahan Urusan Konkuren, Penyelenggaraan Tugas Pembantuan dan Penyelenggaraan Tugas Umum Pemerintahan,” kata Dendi.

Menurut Dendi, Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah merupakan tolak ukur makro dalam penilaian kinerja, dimana pendapatan menjadi kekuatan dan kemampuan keuangan daerah untuk membiayai seluruh proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan serta kemasyarakatan.

“Selanjutnya pada kesempatan ini, perkenankan saya menyampaikan rangkuman atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah Kabupaten Pesawaran dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan selama Tahun Anggaran 2017,” ujar Dendi. (*)

Berita Terkini

Add Comment

Click here to post a comment

+ 66 = 70