oleh

Gubernur Minta Masyarakat Jaga SDA Pahawang

lintasberita.id- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta masyarakat Pahawang bisa menjaga Sumber Daya Alam (SDA) yang ada. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri kegiatan dalam rangka Memperingati HUT Lampung ke-56 tahun 2020, di Desa Pulau Pahawang, Kecamatan Marga Punduh, Kamis (12/3/2020).

“Pulau pahawang akan sangat berarti jika masyarakat juga bisa selalu mempertahankan potensi alamnya, misalnya kalau ada yang mencari ikan menggunakan bom itu harus kita larang, sebab pastinya bisa merusak lingkungan dan pastinya berdampak pada kunjungan wisata kita,” kata Gubernur.

Menurutnya, pulau Pahawang di nilai sudah layak sebagai destinasi wisata tingkat nasional.

“Pahawang ini target saya menjadi wisata yang membanggakan ditingkat nasional, karena saya amati selain potensi alamnya, masyarakatnya juga sangat menjunjung keramahan dan sopan santun, karena pada prinsipnya untuk mengembangkan suatu tempat wisata ada syaratnya seperti masyarakatnya harus berbudaya, beragama dan ramah tentunya, sehingga wisatawan yang berkunjung kesini bisa merasa nyaman dan senang,” terang Gubernur.

Gubernur juga menjelaskan, Pemerintah Provinsi Lampung juga akan berupaya untuk membuat kebijakan, dalam rangka pengembangan wisata di Pulau Pahawang.

“Saya juga akan buat sebuah langkah ataupun konsep, sehingga adanya destinasi wisata ini bisa berdampak baik bagi masyarakat sekitar, seperti pengembangan UMKM sebagai cindera mata yang bahan bakunya dari lingkungan sekitar, jadi Pahawangnya dikenal juga berdampak pada perekonomian masyarakat,” kata Gubernur.

“Dan untuk home stay juga, tadi masyarakat minta untuk tetap menggunakan rumah warga, dan tidak dibangun hotel, makanya kita akan dukung dengan pemenuhan sarana dan prasarana, misalnya listrik yang menyala selama 24 jam,” timpalnya.

Selain itu, kata Gubernur, sebagai bentuk pemenuhan pelayanan, Pemprov Lampung juga berencana akan memaksimalkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat kepulauan.

“Kita ini punya kurang lebih 132 daerah kepulauan, makanya untuk memenuhi pelayanan kesehatan, saya minta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung untuk membuat sebuah kapal yang bisa digunakan sebagai poliklinik kesehatan beserta tenaga medis dan obat-obatan, yang nantinya bisa memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat kepulauan, termasuk di Pahawang ini,” katanya.

Sementara itu, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Lampung yang telah banyak memberikan bantuan terhadap Pahawang.

“Pahawang ini memang merupakan salah satu wisata unggulan Lampung, makanya pak Gubernur banyak memberikan bantuan untuk pengembangannya seperti jaringan listrik bawah laut yang bisa mengaliri listrik di Pahawang selama 24 jam, dan juga pada tahun ini Pemprov Lampung memberikan bantuan berupa 50 bedah rumah,” tutupnya. (imron)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed