oleh

Hakim Minta BAP Sonny Zainhard Utama Dan Mursalin Disidik Kembali

lintasberita.id- Sidang kasus dugaan korupsi pembangunan gedung lantai II dan lantai III Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pesawaran yang merugikan negara hingga Rp4,8 milyar nampaknya akan berbuntut panjang, saat Jaksa Penuntut menghadirkan saksi Sonny Zainhard Utama di muka sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Kelas 1 A Tanjungkarang, Kamis, (19/3/2020).

Pada sidang yang sama, sebelum Sonny Zainhard Utama duduk menjadi saksi, dalam kesaksian Mursalin mengungkapkan bahwa telah memberikan sejumlah uang Rp.300 juta kepada saksi Sonny Zainhard Utama. Pernyataan tersebut juga sesuai dengan keterangannya pada Berita Acara Pemeriksaan (BAP) penyidik Polda Lampung.

Dalam BAP yang dibacakan Jaksa Penuntut, apa yang disampaikan saksi Mursalin di BAP, bahwa saksi Mursalin menghubungi saksi Sonny minta proyek pekerjaan konstruksi, namun Sonny berkata “Oh tidak bisa, sudah ada penyedia yang lain, kalau mau perencanaan nilainya 1 milyar 36 juta dengan Ijon 35 persen”.

Masih berkisar bulan Februari 2018, Mursalin sampaikan kepada Juli (Terdakwa) memiliki paket sebesar 1 milyar 36 juta atas penawaran dari saudara Sonny dengan Ijon 35 persen dari nilai paket, dan penawaran tersebut disetujui oleh Juli, namun hanya mampu memberi Ijon Rp300 juta dan saksi Juli memberikan uang tunai sebayak Rp300 juta, sebagai bentuk realisasi niatnya untuk mendapatkan paket pekerjaan konsultasi perencanaan, uang itu saya berikan kepada Sonny.

Namun sepanjang waktu berjalan, paket perencanaan dengan nilai 1 milyar 36 juta di turunkan menjadi Rp36 juta, mengingat uang yang sudah disetor kepada Sonny lebih dari 35 persen dari paket pekerjaan, maka Mursalin kembali menghubungi Sonny, dan berdasar petunjuk Sonny, ada paket pengawasan Rp690 juta, maka dari itu Juli mendapatkan kedua paket jasa konsultasi pengawasan dan perencanan.

Dalam keterangan Sonny, dirinya membantah dengan apa yang lontarkan oleh Mursalin itu, Sonny mengatakan benar pernah mengabil uang ke Mursalin, tetapi uang tersebut milik temannya yang menggadaikan rumah yang berada di Gedong Tataan kepada Mursalin.

“Saya ada mengabil uang di rumah Pak Mursalin, tapi itu uang punya teman saya yang berhutang dengan Pak Mursalin, menggadaikan rumahnya dengan Pak Mursalin, kalau tidak salah Rp50 juta,” kata Sonny.

Saat ditanya oleh Jaksa Penuntut apakah pernah menerima storan Ijon proyek dari Mursalin terkait dengan pekerjaan Rumah Sakit Umum Daerah Pesawaran sebesar Rp300 juta.

“Tidak pernah, yang pernah saya pinjam uang kalau gak salah Rp60 juta, tapi sudah saya kembalikan, lalu yang tadi teman saya yang menggadaikan rumah dan saya yang mengambikan uangnya, itu saja,” kata Sonny.

Dalam kesaksiannya Sonny juga mengatakan, bahwa para terdakwa mengadu kepadanya lantaran adanya panggilan dari pihak Kepolisian lantaran ada yang mengadukan mereka, lantaran memandang bahwa dirinya merupakan kerabat Bupati.

“Benar Raden dan Mursalin menemui saya, mereka minta bantu supaya ada atensi, karena mungkin memandang saya kerabat Bupati, tapi hal itu tidak pernah saya dampaikan ke Bupati,” kata Sonny.

“Debagai teman saya mengingatkan, apalagi saya dibilang kan masih sebagai kerabat Bupati, jaga nama baik pesawaran, sutu kawan saya, Pak Dendi (Bupati Pesawaran) adik sepupu saya, sesuai prosedur lah, dan saya yakini beliau punya kapasitas,” kata Sonny.

Sebelum usai persidangan, Sonny tetap membantah telah menerima setoran Rp300 juta, sedang Mursalin juga tetap pada kesaksiannya bahwa telah memberikan uang Ijol 35 persen tersebut kepada Sonny.

Terkait kesaksian Mursalin dan Sonny Zainhard Utama tersebut, Salah satu anggota Majelis Hakim Abdul Gani, meminta kepada Jaksa untuk menyidik ulang BAP milik Sonny Zainhard Utama dan Mursalin.

Untuk diketahui, kasus korupsi pembangunan gedung lantai II dan lantai III RSUD Pesawaran yang merugikan negara hingga Rp4,8 milyar tersebut menyeret tiga terdakwa yakni Raden Intan pejabat pembuat komitmen merangkap PNS Dinas Kesehatan Pesawaran, Taufiqurrahman selaku kontraktor, dan Juli selaku konsultan proyek pembangunan lantai II dan III RSUD Pesawaran. (Hari)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed