Daerah Pendidikan

‘Hidup Sehat’ SMP Bina Desa Penumangan Tanam 1500 Polybag Sayuran

Siswa- siswi tanam sayuran di Polybag (ft. Khoiri)

Tulangbawang Barat, LB- Sebagai salah satu upaya mengajarkan budaya hidup sehat serta mencintai lingkungan sekitar, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Bina Desa Penumangan, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) mngajarkan Siswa- siswinya melakukan kegiatan tanam sayuran di Polybag sebanyak 1500.

Terlihat antusias dan semangat Siswa- siswi SMP Bina Desa dalam kegiatan tanam sayuran sebanyak 1500 Polybag tersebut. Untuk jenis sayuran yang ditanam yaitu seperti Caisin, Selada, Kol, Bawang, Seledri, dan Kangkung yang memang tidak perlu waktu lama untuk bisa dipanen karena hanya membutuhkan waktu sekitar 45 hari dari masa tanam.

Dikatakan Aris Sutopo Kepala Sekolah SMP Bina Desa, bahwa konsep ini sengaja di ajarkan kepada anak didiknya. Karena selain untuk menambah ilmu kegiatan ini dirasa dapat menumbuhkan kesadaran anak betapa pentingnya mengkonsumsi sayur.

“Melalui kegiatan ini tentunya diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada Siswa-siswi tentang metode penanaman sayuran menggunakan Polybag dan menumbuhkan kesadaran Siswa-siswinya betapa pentingnya hidup sehat dengan mengkonsumsi sayur,” ungkap Aris. Rabu, (30/1).

Menurut Aris Sutopo, sayuran di dalam Polybag ini memiliki kelebihan lain jika dibandingkan dengan sayuran yang ditanam secara konvensional, yakni bisa dikonsumsi langsung karena perawatannya tidak menggunakan bahan kimia.

“Selain prosesnya yang lebih cepat, sayuran yang ditanam ini Insya Allah lebih sehat dan lebih alami, karena tanpa pupuk, pestisida,” ujarnya.

Lanjut Aris sutopo, pihak sekolah sengaja memanfaatkan lahan di salah satu bagian belakang ruang kelas untuk ditanami berbagai jenis sayuran, selain bertujuan untuk menanamkan karakter cinta lingkungan kepada para peserta didik, hal ini juga dianggap dapat menumbuh kembangkan kreatifitas siswa.

“Tentunya harapan kami kedepan, semangat yang dilakukan Siswa- siswi dan para guru di SMP Bina Desa bisa menjadi percontohan untuk yang lainnya, ” harapnya. (Khoiri)

Berita Terkini

Add Comment

Click here to post a comment

97 − 93 =