oleh

Ini Penyebab Petani Lamteng Gagal Panen

Kepala Kampung Rukhti Endah Hi. Suyatni (Tengah)

lintasberita.id- Hampir secara keseluruhan petani di Lampung Tengah (Lamteng) mengalami gagal panen di musim tanam yang kedua. Ada beberapa dugaan atas kejadian tersebut diantaranya pupuk dan bibit yang diberikan.

Saat media ini mencari kebenaran atau investigasi terkait gagal panen yang dialami oleh petani. Media ini menemui Kepala Kampung (Kakam) Rukhti Endah Hi. Suyatni di kediamannya di Kampung Rukhti Endah, Kecamatan Seputihraman, Lamteng, Selasa (30/7/2019).

Suyatni turut prihatin atas musibah yang dialami petani khususnya di Kampung Rukhti Endah. “Saya merasa kasihan dan prihatin atas gagal panen yang dialami oleh petani di seluruh Lamteng termasuk Kampung Rukhti Endah ini. Disini ada beberapa dugaan yang masih menjadi pertanyaan yaitu antara pupuk dari pemerintah dan pupuk organik (pupuk kandang),” ujarnya.

Suyatni menjelaskan, ada beberapa keheranan saat musim panen tiba. Dimana petani yang memakai pupuk kandang berhasil, sedangkan yang diberikan pemerintah hampir secara keseluruhan gagal semua.

“Ini ada perbedaan yang nyata. Disini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamteng melalui Dinas Pertanian yang menanganinya harus melakukan penelitian atas pupuk yang di duga penyebab gagal panen ini,” katanya.

Suyatni berharap sebelum musim tanam yang ketiga tiba, Dinas Pertanian selaku yang menangani masalah ini harus memberikan penyuluhan ditengah para petani.

“Saran saya agar ada peneguran terhadap petugas PPL UPTD Pertanian Seputihraman selaku perpanjangan tangan Pemkab Lamteng. Selama ini petani bingung harus mengadu kepada siapa apabila ada masalah,” pungkasnya. (Wjy) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed