Daerah

Ini Penyebab Ribuan Ikan Mati Di Danau Ranau Lambar

Lampung Barat, Lintasberita- Fenomena alam yang terjadi di Danau Ranau, Kecamatan Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yang mengakibatkan puluhan ton ikan milik petani mati mendadak beberapa waktu, lalu dipastikan akibat kekurangan oksigen.

Hal tersebut, setelah Dinas Lingkungan Hidup Lambar turun ke lokasi untuk melakukan uji lab kadar air danau tersebut.

“Ya, hasil uji lab sudah keluar. Kekurangan oksigen yang membuat ikan-ikan itu mati,” ujar Kepala DLH Lambar, Syaehkuddin melalui telpon genggamnya, Rabu (21/2).

Meski demikian, lanjut Syaehkuddin, pihaknya tidak bisa menerangkan penyebab dari turunnya kadar oksigen air danau tersebut.

Menurutnya, pihaknya hanya melakukan uji leb kadar air saja. Sedangkan untuk penyebab pasti dari turunnya kadar oksigen bukan wewenang pihaknya.

“Cuma cek kadar air saja. Penyebab turunya oksigen bukan kita, itu kan penyebabnya dari dalam danau,” jelasnya.
Pihaknya tidak ingin menduga-duga penyebab dari fenomena tersebut. Dipastikan, karena fenomena itu membuat kadar oksigen didalam air menurun.

“Bisa saja karena ada yang naik dari dasar danau (belerang) serta endapan dari pakan,” singkatnya.
Sementara dari hasil data yang dihimpun, fenomena yang kerap terjadi ini selalu menimbulkan kerugian materil untuk petani budidaya ikan setempat.

Untuk tahun ini, diketahui kurang lebih 30 ton ikan milik petani mati mendadak dan mengakibatkan kerugian hingga 1 milliar lebih. (yu)

Berita Terkini

Add Comment

Click here to post a comment

31 − = 23