oleh

Inspektorat Tubaba Dalami Kasus Dana Sertifikasi SMPN 3 Tuba Udik

lintasberita.id- Inspektorat Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) segera dalami dugaan permasalahan Dana Sertifikasi guru di Sekolah Menengah Pertama Negri 03 (SMPN 3) Tulang Bawang Udik (TBU).

Nurul Puadi,S.E Inspektur pembantu (Irban) III mengatakan, pihaknya akan segera melakukan investigasi terhadap dugaan permasalahan Dana Sertifikasi guru di SMPN 3 TBU.

“Nanti akan kami dalami dulu, dalam waktu dekat ini kami akan langsung berkoodinasi dengan pihak sekolah untuk meminta katerangan kepada yang bersangkutan, “ungkap Nurul Puadi,S.E saat dijumpai diruang kerjanya.

Nurul mengatakan, seharusnya pihak sekolah terus berkoordinasi dengan Dinas pendidikan, karena jika muncul permasalahan pihak Dinas Pendidikan wajib memberikan pembinaan atau melaporkan hal tersebut kepada Inspektorat.

“Disini Dinas Pendidikan juga bertanggung jawab kenapa hal semacam ini bisa terjadi, karena Dinas pendidikan wajib melakukan pengawasan dan memberikan pembinaan. Yang jelas nanti akan kami lakukan investigasi dulu bila perlu kepala sekolahnya dan guru yang bersangkutan kita panggil, ” tegas Nurul.

Sementara M.Roni Sekretaris Inspektorat saat berbincang dikantor Inspektorat menjelaskan, tentang tanggung jawab seorang kepala sekolah yang seharusnya bisa memberikan pembinaan jika bawahannya melakukan kesalahan.

“Jika guru itu tidak aktif, seharusnya kepala sekolah memberikan teguran, baik secara lisan maupun tertulis karena itu masih menjadi tanggung jawabnya. Jika tegurannya itu tidak diindahkan oleh guru itu seharusnya dia lapor ke Dinas Pendidikan atau Inspektorat. Bukan malah menutupi kesalahannya dengan mencukupi jam mengajar guru itu supaya dana sertifikasi itu keluar. Kalau seperti itu bisa kena juga Kepala Sekolahnya,” jelas M.Roni. (Khoiri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed