oleh

Kasdam II/Swj Sambut Satgas Pamtas RI /PNG Yonif- 143/ Twej

Pengalungan bunga kepada Danyonif 143/ Twej

lintasberita.id- Upacara Penyambutan Kepulangan Satgas Pamtas RI / PNG Yonif- 143/ Twej, Korem 043/ Gatam digelar di Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) II/ Sriwijaya Brigjend TNI Syafrial, psc, MTr. (Han). Sabtu, (10/8/2019).

Dalam amanat Panglima Kodam (Pangdam) II/ Sriwijaya Mayjend TNI Irwan S.ip. M.Hum., yang dibacakan oleh Kasdam, mengucapkan selamat datang dari penugasan serta terimakasih atas dedikasi dan pelaksanaan tugas dalam menjaga integritas dan keutuhan wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Selama kurang lebih 12 bulan, kalian telah melaksanakan tugas pengamanan perbatasan RI /PNG, kita menyadari bukanlah tugas yang ringan, namun sangat mulia dan strategis. Karena wilayah perbatasan merupakan beranda depan NKRI yang bernilai strategis bagi kedaulatan Negara,” ungkapnya.

Selian itu, Lanjut Kasdam. Bahwa pengamanan perbatasan juga memiliki tingkat kerawanan dan resiko yang tinggi, terutama aktifitas kegiatan ilegal, seperti permasalahan pelintas batas, Human Trafficking, tindakan kriminal penyelundupan narkoba, dan kelompok separatis bersenjata yang ingin memisahkan diri dari NKRI.

“Keberhasilan yang telah dicapai didaerah penugasan perbatasan tentu menjadi bekal dan pengalaman yang sangat berharga, dalam menyongsong tugas- tugas kedepan yang semakin berat dan penuh dinamika. Oleh sebab itu, lakukan evaluasi secara menyeluruh pelaksanaan tugas yang telah dilakukan sebagai penyempurnaan dalam peningkatan kualitas pembinaan satuan, sehingga kredebilitas dan reputasi satuan Yonif 143/ Twej tetap terjaga dan terpelihara dan bahkan dapat lebih di tingkatkan,” terangnya.

Usai pelaksanaan upcara, Kasdam II /Sriwijaya Brigjend TNI Syafrial, psc, MTr. (Han) mengatakan, bahwa hari ini merupakan rangkaian kegiatan penyambutan satgas dari Yonif- 143/ Twej yang pulang dari daerah operasi pengamanan perbatasan wilayah perbatasan NKRI dengan Papua Nugini.

“Sebenarnya pelaksanaan tugas hanya 9 bulan sesuai dengan peritah tugas dari Mabes TNI, namun karna sitasional tahun ini mereka baru kembali ke Homebese ini menjadi 12 bulan. Semuanya berjumlah 450 prajurit yang di pimpin oleh Komandan Batalyon,” kata Kasdam saat di wawancarai oleh wartawan.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Danrem 043/ Gatam Kolonel Inf. Taufik Hanafi, Danlanal Lampung Kolonel Laut Albertus Agung Priyo S, Danbrigif 4 Marinir /BS Kolonel Marinir Ahmad Fajar, Dansat Brimob Polda Lampung Kombes Pol. Donyar Kusumadji, Ketua DPRD Lampung, Kabinda, Forkopinda, Kakesbangpol, Para Kasi dan Dandim Jajaran Korem 043/ Gatam. (Eko)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed