Daerah Kriminal

Kecamatan Terbanggi Besar Terima Rp2 Milyar Dana Untuk Pembangunan Infrastruktur

Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto, (ft.wjy)

Lampung Tengah, LB- Tahun ini, Kecamatan Terbanggi Besar di Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) akan mendapatkan dana kelurahan dari pusat sekira Rp 2 miliar.

Camat Terbanggi Besar, Fathul Arifin, mengatakan, jumlah tersebut sebagai dana pembangunan infrastruktur dan akan dibantu dengan dana perimbangan daerah (APBD) Lampung Tengah.

Menurut dia setiap kelurahan alokasinya Rp 385 juta dari pusat dan Rp 285 juta dari APBD Lamteng. Alokasinya untuk Terbanggi Besar dibagi tiga yakni untuk Kelurahan Yukum Jaya, Bandarjaya Barat dan Bandarjaya Timur.

“Dana sudah ada pada kita dan siap dicairkan (ke setiap kelurahan). Hanya masih menunggu instruksi dari pusat saja terkait juknisnya. Untuk Terbanggi Besar rata-rata besarannya sama, yakni di kisaran Rp 669 juta,” ujar Fathul.

Diungkapkan, dana kelurahan merupakan dana yang akan digunakan bagi pembangunan kelurahan, hampir sama dengan anggaran dana desa (ADD).

Fathul berharap, dengan adanya dana kelurahan bisa mempercepat pembangunan yang saat ini sedang dijalankan di Bandarjaya Barat dan Bandarjaya Timur.

“Untuk jalan di Bandarjaya sudah lebih 80 persen bagus. Kami berterimasih kepada bupati, karena telah menganggarkan Rp14 miliar bagi pembangunan rigid jalan di Bandarjaya Barat dan Bandarjaya Timur,” katanya.

Sementara Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto mengatakan, di tahun ini pihaknya juga akan menambahkan dana sebesar Rp20 juta bagi setiap kampung, sebagai dana gotong-royong.

Menurut dia, dana gotong-royong merupakan pemantik warga untuk bisa menjalankan program yang dipeloporinya itu.

“Dana tersebut sebagai upaya peningkatan kesehatan dan pemeliharaan lingkungan di kampung. Selain itu supaya warga juga lebih menghidupkan gotong-royong sebagai budaya asli kita,” kata Loekman.

Pada kesempatan itu juga, Bupati mengajak masyarakat untuk berbagi tugas terhadap lingkungan. Warga menjaga kebersihan dan pemerintah soal infrastruktur. (wjy)

Add Comment

Click here to post a comment

13 + = 17

 

Lintas Berita di Twitter