Daerah Tulang Bawang Barat

Kehabisan Anggaran, Pembayaran Advertorial Media Di Kominfo Tubaba Nunggak

(foto: Khoiri)
Kepala Dinas Kominfo Tubaba Pajril Hikmah

Lintasberita.id- Menindaklanjuti pemberitaan tentang pembayaran Advertorial Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2019 sebagaimana dimuat oleh beberapa media massa dinas Kominfo Kabupaten Tulangbawang Barat beritakan tanggapan.

Dalam tanggapan tersebut memuat beberapa poin diantaranya, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat saat ini sedang melaksanakan upaya efisiensi penggunaan anggaran, serta berupaya mematuhi saran-saran dari Badan Pemeriksa Keuangan dalam hal kerjasama publikasi berita pada media massa.

“Dalam kaitan hal di atas, anggaran publikasi berita pada Dinas Komunikasi dan Informatika Tulang Bawang Barat tahun 2018 dan 2019 sangat terbatas, namun demikian diupayakan agar anggaran yang tersedia tersebut dapat memenuhi pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Dinas Kominfo Tulang Bawang Barat,” ungkap Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tulangbawang Barat, Pajril Hikmah, Selasa (28/5/2019).

Selain itu, anggaran publikasi berita tahun 2019 pada Dinas Kominfo Tulang Bawang Barat telah digunakan untuk pemberitaan (Advertorial) beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat, di antaranya kegiatan Funbike, HUT Kabupaten Tulang Bawang Barat, dan MTQ Ke-47 Provinsi Lampung, di mana anggaran yang tersedia tidak mencukupi untuk memenuhi pembayaran seluruh Advertorial yang telah dimuat oleh media massa yang bekerjasama dengan Dinas Kominfo Tulang Bawang Barat.

“Dinas Kominfo Tulang Bawang Barat telah berupaya untuk mengatasi permasalahan sebagaimana tertera pada poin (3), yaitu dengan membuat Nota Dinas yang ditujukan kepada Bupati Tulang Bawang Barat berupa usulan penambahan anggaran publikasi pada APBD Perubahan 2019 yang akan dialokasikan untuk memenuhi seluruh kekurangan pembayaran Advertorial tahun 2019,” jelas Pajril Hikmah.

Dinas Komunikasi dan Informatika Tulang Bawang Barat juga melaksanakan pembayaran belanja Advertorial pada media massa sesuai dengan harga dan atau pemesanan.

“Perlu pula kami sampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat saat ini sedang berupaya memenuhi ketentuan dari Pemerintah Pusat, yaitu melaksanakan pembayaran atas belanja-belanja APBD secara non-tunai, dimana Dinas Kominfo Tulang Bawang Barat secara bertahap telah melaksanakan hal tersebut yaitu pada belanja Advertorial surat kabar harian, yang akan segera dilaksanakan pula pada pembayaran belanja Advertorial surat kabar mingguan, media online, dan media elektonik lainnya,” paparnya.

Kepala Dinas Kominfo mengharapkan, agar Sekretaris dan Kepala Bidang Media untuk mengintensifkan upaya-upaya dalam mematuhi saran dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yaitu melakukan evaluasi terhadap media massa yang bermitra dengan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat, terutama dalam kaitan status badan hukum media massa, kompetensi wartawan, dan ketentuan-ketentuan Dewan Pers serta peraturan terkait lainnya.

“Pada tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat akan berupaya untuk makin mengefisienkan dan mengefektifkan pemanfaatan anggaran publikasi, di antaranya dengan memprioritaskan kerjasama dengan jajaran pers yang ada dalam wilayah Kabupaten Tulang Bawang Barat, yang dalam hal ini Dinas Kominfo akan berkoordinasi untuk meminta dukungan penuh dari organisasi pers seperti PWI Tulang Bawang Barat, Forum Wartawan Media Harian Bersatu Tulang Bawang Barat, AJOI Tulang Bawang Barat, Forum Surat Kabar Mingguan Tulang Bawang Barat, dan IWO Tulang Bawang Barat.” tutup Pajril Hikmah. (Khoiri)

Add Comment

Click here to post a comment

25 − = 23

Lintas Berita di Twitter