Home / Daerah / Ketua DPRD Tuba Minta Pemkab Maksimalkan Pengelolaan Sektor Perikanan dan Kelautan

Ketua DPRD Tuba Minta Pemkab Maksimalkan Pengelolaan Sektor Perikanan dan Kelautan

Tulangbawang, Lintasberita- Ketua DPRD Kabupaten Tulangbawang Sopi’i meminta Pemkab setempat untuk lebih maksimal mengelola sektor perikanan dan kelautan.

“Jika potensi ini dikelola dengan baik maka akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya nelayan air tawar di wilayah Tulangbawang,” ujarnya.

Potensi perikanan air tawar, mengingat Kabupaten Tulangbawang memiliki sungai, rawa dan laut, di wilayah pesisir yang sangat luas, bahkan bisa mensejahterakan nelayan, namun sayangnya potensi itu belum tergarap dengan maksimal oleh pemerintah daerah.

“Khusus potensi perikanan air tawar saya berharap Dinas Perikanan dan Kelautan Tulangbawang, terus mensosialisasikan kepada nelayan terkait alat tangkap yang ramah lingkungan serta, menjaga kelestarian habitat air tawar dan laut guna anak cucu di kemudian hari,” jelasnya.

Selain itu, pemerintah daerah melalui dinas terkait, bagaimana para nelayan tidak tergantung terhadap potensi alam saja, namun dapat membudidayakan ikan kerambah, kolam bahkan tambak sebagai penghasil potensi air tawar sesuai dengan kondisi alam Kabupaten Tulangbawang.

“Wilayah perairan Kabupaten Tulangbawang cukup luas dan tidak hanya di laut saja, tapi juga di sungai yang berpotensi menghasilkan sumber daya perikanan,” katanya.

Belum dimanfaatkannya secara maksimal potensi perikanan oleh masyarakat karena kurang mendapat dukungan dari pemerintah daerah, sehingga terkesan mubazir.

“Produksi ikan tidak maksimal bukan karena pencurian yang dilakukan dari orang luar, tapi justru minimnya sarana penunjang bagi nelayan serta minimnya pengetahuan untuk melakukan kegiatan.
Kita berharap ke depan pemerintah daerah bisa lebih serius menangani sektor perikanan dan kelautan supaya nelayan kita bisa lebih sejahtera,” pungkas Sopi’i. (*)

Baca Juga

Kuatkan Struktur Organisasi, DPP PETIR Lampung Kunjungi DPD PETIR Kota Metro

Metro, Lintasberita- DPP Pasukan Elit Inti Rakyat (PETIR) Lampung menguatkan struktur organisasinya hingga ke kabupaten/kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to friend