Bandar Lampung Ruwa Jurai

Ketua PN Tanjungkarang Hadiri Upacara HUT MA Ke-74

Foto: ekosam
Ketua PN Tanjungkarang, Timur Pradoko (kacamata)

lintasberita.id- Ketua Pengadilan Negeri Kelas 1 A Tanjungkarang bersama seluruh Hakim, Panitera dan seluruh pegawai mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Mahkamah Agung RI Ke-74 ber-themakan “Peradilan modern berbasis teknologi informasi untuk melayani” di lapangan Pengadilan Tinggi Tanjungkarang. Senin (19/8/2019).

Dalam amanat Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, SH. MH., yang dibacakan oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang Dr. Ridwan Mansyur, SH. MH., menyampaikan diantaranya bahwa momen ini juga menjadi sarana untuk kembali mengukuhkan komitmen dalam rangka memberikan pelayanan terbaik dalam hukum dan peradilan yang akan menjadi pendorong dalam pelaksanaan fungsi pelayanan Lembaga Peradilan.

“Saat ini seluruh lembaga layanan publik dituntut untuk menangkap perubahan yang terjadi di tengah masyarakat serta mampu melakukan inovasi agar dapat menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Inovasi dalam konteks moderenisasi layanan merupakan hal yang penting, sebagai pendorong bagi lembaga- lembaga memberikan layanan publik agar senantiasa responsif terhadap kebutuhan dan aspirasi masyarakat,”.

“Lembaga peradilan pun tidak ketinggalan mengikuti draf perubahan seiring dinamika masyarakat yang menuntut artikulasi good governance sesuai dengan perkembangan zaman,”.

“Cetak biru pembaruan peradilan 2010- 2035, telah menekankan pentingnya restrukturisasi Mahkamah Agung dan badan -badan peradilan dibawahnya yang di dasar pada salah satu pertimbangan adanya kebutuhan untuk menjadi organisasi modern, dengan memanfaatkan teknologi informasi serta adanya keinginan untuk menyederhanakan rantai birokrasi,”.

Hakim, Panitera, dan Pegawai PN Tanjungkarang saat ikuti upacara.

“Lompatan besar yang telah di capai oleh Mahkamah Agung melalui penerbitan peraturan Mahkamah Agung nomor 3 tahun 2018 administrasi perkara peradilan secara elektronik. Kebijakan yang di kenal dengan e- Cort telah ditetapkan oleh semua pengadilan dari tiga lingkup peradilan dan mendapat respon positif dari masyarakat,”.

Usai upacara, Ketua Pengadilan Negeri Kelas 1A Tanjungkarang Timur Pradoko, SH. MH.,  mengatakan, bahwa upacara yang digelar tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya yang melaksanakan upacara dengan Peradilan masing- masing, melaikan semua Peradilan di Bandar Lampung bersama Darmayukti Karini ikut dalam upacara yang dipusatkan di Pengadilan Tinggi Tanjungkarang.

“Upacara HUT Mahkamah Agung yang Ke-74 di pusatkan di Pengadilan Tinggi Tanjungkarang, diikuti dari tiga Lembaga Peradilan yang ada di Bandar Lampung yaitu Peradilan Agama, Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN), dan Peradilan Umum,” kata Timur Pradoko.

Menurutnya, pada HUT Ke-74 ini, Mahkamah Agung bertekat mewujudkan visi dan misinya, sehingga Lembaga Peradilan semakin mengedepankan Teknologi modern, yaitu teknologi informasi untuk melayani. 

Timur Pradoko juga menambahkan, terkait launching Hipne Mahkamah Agung, dinyanyikan serentak secara Nasional dengan menggunakan telekonferens di Peradilan masing- masing setelah Mahkamah Agung melaunching. (Eko)

Add Comment

Click here to post a comment

86 − 81 =

Lintas Berita di Twitter