oleh

Kreatif, di Tubaba Limbah Plastik Jadi Kerajinan Unik

lintasberita.id- Manfaatkan limbah atau sampah plastik bekas minuman kemasan, sekelompok ibu rumah tangga di Tiyuh (Desa) Penumangan Baru, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, hasilkan kerajinan unik.

Menurut Marwati, (26) langkah ini sebagai bentuk dukungan terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tubaba, guna mengurangi limbah atau sampah plastik dilingkungan sekitar.

“Awalnya iseng-iseng saja, mencoba untuk berkreasi dengan memanfaatkan sampah plastik bekas minuman anak-anak yang ada dilingkungan sekitar untuk dijadikan sebuah kerajinan tangan, mengingat semakin banyak sampah plastik yang berserakan dibeberapa tempat,” ungkap Marwati,

Menurutnya, timbul dari rasa prihatin terhadap lingkungan sekitar, dirinya dan sejumlah ibu rumah tangga di lingkungan RK-4 Tiyuh Penumangan Baru mencoba untuk memanfaatkan sejumlah sampah plastik untuk dimanfaatkan sebagai kerajinan yang dinilai bisa digunakan.

“Selain membuat lingkungan menjadi bersih, ini juga bisa menjadi kegiatan yang positif untuk ibu rumah tangga seperti kami, dari pada ngumpul hanya ngerumpi, mendingan kita berbuat sesuatu yang bisa bermanfaat untuk kita dan lingkungan sekitar,” terangnya.

Marwati menambahkan, dalam perhari dirinya dan para ibu rumah yangga sekitar bisa mengkasilkan 5 sampai 6 kerajinan, dengan memanfaatkan sekitar 300 sampai dengan 400 sampah plastik bekas minuman kemasan.

“Ya meskipun tidak menghasilkan uang, karena memang kerajinan ini tidak untuk kami jual. tapi dengan melihat lingkungan bersih dan kami berhasil membuat kerajinan hasil tangan sendiri itu sudah menjadi kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri buat kami. Itung -itung mengisi waktu luang dan semoga bisa sekaligus membantu Pemerintah untuk menanggulangi sampah plastik di Tulangbawang Barat ini,” jelasnya. (Khoiri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed