Headline Pesawaran

LPA Pesawaran Minta Kolam Renang Tirta Garden Di Tutup

foto: imron
ADT (14) siswa MTS Al- Hikmah masih terbaring ditempat tidur.

lintasberita.id- Kecelakaan yang di alami salah satu siswa sekolah MTS Al- Hikmah Gunung Kaso, Kecamatan Way Lima di kolam renang Tirta Garden Desa Kedondong mendapat sorotan Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Pesawaran Nurul Hidayah.

Dia mengatakan, bahwa seharusnya jika belum mengantongi izin, hendaknya kolam renang Tirta Garden ditutup sementara sampai proses perizinan selesai.

“Hasil temuan dilokasi, kolam renang tersebut belum ada izin. Nah, kalau tidak ada izin kami minta kepada pihak berwenang untuk menutup sementara sampai proses izin selesai, ” kata Nurul saat dihubungi melalui sambungan teleponnya, Kamis (8/8/2019).

Menurutnya, kepada korban atas nama ADT (14) siswa kelas VIII MTS Al -Hikmah Gunung Kaso, Kecamatan Way Lima akan diberikan advokasi. “Rencananya siang ini akan dilakukan rembug pekon, kalau jalan musyawarah tidak menghasilkan keputusan maka kita akan advokasi korban guna melakukan langkah hukum sesuai dengan hukum yang berlaku tentang perlindungan anak, ” ujar dia.

Dia juga menerangkan, akibat kecelakaan tersebut korban mengalami trauma yang mendalam sehingga perlu dilakukan penanganan serius secara medis. “Menurut keterangan ibunya, si anak ini tidak mau ketemu dengan teman-temannya saat dibesuk. Ia sepertinya malu dan takut untuk ketemu orang, nah ini kan trauma. Nanti akan kita periksakan ke psikolog untuk menangani traumanya, ” terang dia.

Luka pada jari kelingking yang putus pada korban, Nurul juga merasa prihatin karena tidak diberikan obat-obatan dari medis. “Melihat kondisi korban, sangat memprihatinkan, luka pada jari kelingking hanya dibubuhi obat tradisional berupa parutan kunyit. Ini juga yang kita minta, agar korban diobati ke rumah sakit agar nantinya tidak infeksi,” tutur dia.

Rencananya hari ini, pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pesawaran, akan turun melakukan monitoring dan evaluasi (monev) pada kolam renang Tirta Garden Desa Kedondong Kecamatan Kedondong.

“Kalau izin, apakah itu IMB atau yang lainnya belum pernah ada permohonan yang masuk. Artinya kolam renang Tirta Garden belum memiliki izin. Dan besok (hari ini) langsung kita turun untuk monev, ” kata Sekretaris DPMPTSP Kabupaten Pesawaran Singgih Febriantoro diruang kerjanya. Rabu (7/8) lalu.

Menurutnya, segala sesuatu yang terjadi soal adanya kecelakaan yang mengakibatkan korban pada tempat usaha tersebut sudah menjadi wewenang Kepolisian. “Kalau ada kecelakaan yang menimbukan korban, ya itu pidana dan menjadi kewenangan Kepolisian. Kami hanya mengurus soal perizinan sesuai dengan peraturan yang ada, ” timpalnya. (Ron)

Add Comment

Click here to post a comment

+ 52 = 57

Lintas Berita di Twitter