Pendidikan Ruwa Jurai

Mahasiswa IIB Darmajaya Buat Pengaduan Kebakaran Via Android

Bandar Lampung, Lintasberita-
Kebakaran merupakan peristiwa timbulnya api yang tidak terkendali yang dapat membahayakan keselamatan jiwa maupun harta benda. Untuk membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menanggulangi kebakaran, Yeni Rantika berinisiatif merancang sistem informasi pelaporan peristiwa kebakaran pada Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung Berbasis Android.

Penelitian ini dilakukan Yeni sebagai tugas skripsi sebagai salah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Komputer dari Jurusan Sistem Informasi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya.

Berdasarkan observasi, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer ini mengatakan, informasi pengaduan kebakaran melalui call center 113 di BPBD Bandar Lampung masih kurang optimal. Hal itu karena lokasi kebakaran belum detail, identitas pelapor tidak akurat dan memerlukan biaya pulsa untuk melakukan panggilan telepon.

Menurutnya, teknologi smartphone dengan sistem operasi android memiliki kemampuan tingkat tinggi dalam penyampaian informasi, dan dapat digunakan oleh masyarakat dari semua kalangan. Masyarakat dapat langsung regisrasi setelah aplikasi pemadam kebakaran ter-install dan aktif google map untuk mengetahui titik lokasi kejadian secara detail.

Kemudian, kata dia, sistem informasi yang dibangun berisikan pelaporan kebakaran oleh masyarakat yang terdiri dari pemberian titik lokasi, gambar peristiwa (foto), dan identitas pelapor.

“Sistem informasi pelaporan kebakaran berbasis android ini memudahkan masyarakat menyampaikan informasi kebakaran. Informasi kebakaran akurat dan notifikasi langsung diterima oleh petugas pemadam kebakaran sehingga petugas pemadam kebakaran cepat memperoleh informasi dan mendapatkan rute menuju lokasi kejadian,” kata mahasiswi penerima beasiswa bidikmisi ini.

Sementara itu, Ketua Program Studi Sistem Informasi IIB Darmajaya, Nurjoko,S.Kom., M.TI meengatakan penelitian meurpakan salah satu bukti penguasaan mahasiswa terhadap ilmu yang diperolehnya dari perkuliahan untuk diterapkan dalam kehidupan masyakarat.

“Aplikasi ini sangat bermanfaat dan semakin baik jika lebih kembangkan lagi. Misalnya, menambahkan kolom saran dan komentar yang ditujukan kepada petugas pemadam kebakaran. Serta menambahkan informasi atau berita mengenai kebakaran yang telah dipadamkan,” kata dia. (*)

Berita Terkini

Add Comment

Click here to post a comment

59 + = 64