Headline Pesawaran

Mantan Kades Mada Jaya Diduga Belum Kembalikan Uang Kerugian Negara

(foto : Imron)
Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Inspektorat Kabupaten Pesawaran.

Lintasberita.id- Mantan Kepala Desa Mada Jaya, Fajarudin diduga hingga saat ini belum juga mengembalikan sejumlah kerugian Negara. Hal itu terungkap saat wartawan mengkonfirmasi Bendahara Desa Mada Jaya, Bilal melalui sambungan telponnya.

Dia menuturkan, berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Inspektorat Kabupaten Pesawaran yang diserahkan ke Desa Mada Jaya tertanggal 1 Maret 2018, ada dua poin yang harus dilakukan untuk segera memungut dan menyetorkan pajak Dana Desa (DD) ditambah untuk menyetorkan kemahalan pembelian semen.

“Jadi total hutang yang harus dibayarkan mantan Kepala Desa lama berjumlah 62.035.887 untuk dikembalikan ke Kas Negara dan kas Desa,” kata Bilal, Minggu (12/5/2019).

Dijelaskan dia, menindak lanjuti adanya perintah dari Inspektorat tersebut, pihaknya sudah menyurati yang bersangkutan (Fajarudin) agar segera membayarkannya, namun tak ada hasil.

“Kita sudah pernah menyurati Pak Fajarudin, tapi tak ada tanggapan, dan saya bersama carik aparat desa setempat juga sudah mendatangi rumahnya dan menagih langsung, tapi tetap tidak ada hasil, sampai saat ini hutang itu masih belum dibayarkan dan tak ada etikat baik dari mantan kades itu,” ucap dia.

Sementara itu, Sekretaris Inspektorat Kabupaten Pesawaran, Aseva menjelaskan, bahwa terkait LHP yang dilakukan Inspektorat harus segera ditindaklanjuti, lebih dari 60 hari setelah surat tersebut turun maka yang bersangkutan dapat diberi sanksi sesuai Peraturan Pemerintah No12 tahun 2017 pada pasal 27, yakni sanksi administratif.

“Bahkan jika memang tak ada etikat baik dari yang tertagih sesuai LHP, pihak desa bisa saja melaporkan ke Aparat Penegak Hukum (APH),” tutur dia, saat dihubungi melalui sambungan telponnya. (Imron)

Add Comment

Click here to post a comment

63 − 59 =

 

Lintas Berita di Twitter