oleh

Miris, Kantor BP3K Lamtim Kibarkan Bendera Merah Putih Rusak

Lintasberita.id- Miris, Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Lampung Timur (Lamtim) kedapatan mengibarkan bendara merah putih rusak, kusam dan terlihat sobek pada sebagian sisi. Hal tersebut diketahui ketika media ini mengunjungi kantor BP3K yang ada di desa Gunung Mas, Kecamatan Marga Sekampung, Kabupaten Lampung Timur pada Kamis (17/9/2020) yang lalu.

Harusnya, Pemerintah Daerah (Pemda) Lampung Timur menegur keras kantor BP3K yang diduga lalai dan sembarangan dalam mengibarkan bendera kebangsaan itu. Sebab, sudah ada perundang- undangan yang mengaturnya. Yakni Undang-undang RI Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, dan Lagu Kebangsaan.

Tentu hal tersebut bukan lah main- main dengan sembarangan mengibarkan bendera kebangsaan, apa lagi yang melakukan adalah kantor yang notaben nya merupakan kantor milik Pemerintah.

Ancaman pidana itu diatur dalam Pasal 24 huruf c yang isinya mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam dengan ketentuan pidana Pasal 67 huruf b. Isinya, apabila dengan sengaja mengibarkan bendera negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 huruf c, maka dapat dipidana penjara paling lama 1 tahun atau denda paling banyak Rp 100 juta. (Muntiri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed