Home / Daerah / MoU KUR, Hutang 1,2 Triliun Dihapus, 325 Miliar Pinjaman Digelontorkan

MoU KUR, Hutang 1,2 Triliun Dihapus, 325 Miliar Pinjaman Digelontorkan

Tulangbawang, Lintasberita-  Bupati Tulang bawang Hj Winarti SE tandatangani MoU Kredit Usaha Rakyat dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) di Kampung Bratasena Adiwarna, Jum’at (23/3).

Melalui Eko Putro Sandjojo , 13 ribu petambak mandiri di Kampung Bratasena Adiwarna, Tulangbawang yang mempunyai sangkutan hutang dengan total sebesar Rp. 1,2 triliun dihapus oleh PT CP Prima. Selain itu, setiap petambak memperoleh pinjaman Rp. 25 juta dengan total dana yang di pinjamkan Rp 325 miliar.

Dalam penandatanganan MoU KUR itu, PT Central Pertiwi Bahari (CPB) yang merupakan anak perusahaan PT Central Proteina (CP) Prima pun membagikan 9.500 sertifikat kepada petambak.

Bupati Tulangbawang Winarti mengapresiasi MoU KUR. Menurutnya, hal ini merupakan bentuk pengentasan kemiskinan yang menjadi program pemerintah pusat. “Kita dikumpulkan Pak Menteri diminta menandatangani program pengentasan kemiskinan dengan sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta. Alhamdulillah hari ini tidak hanya swasta, tapi pihak bank juga turut bekerjasama,” terangnya Winarti.

Program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) bertujuan desa atau kampung mampu menyerap tenaga kerja dan perekonomian secara mandiri, Program itu juga melibatkan tiga unsur yaitu Kemendes PTT, Kabupaten/Kota dan Perusahaan Swasta.

“Kabupaten Tulangbawang ikut serta mendapatkan program baru dari Kemendes PTT, sehingga beberapa waktu yang lalu saya didampingi oleh Kepala BPMPK telah resmi melakukan penandatanganan MOU Program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi,” Kata Winarti.

Penandatangaan MOU tersebut adalah sejarah yang kelak dapat memotivasi untuk mensukseskan Program Pencanangan Prukades untuk Budidaya Tambak Udang di wilayah Tulangbawang. Kunjungan Kemendes PDTT bertujuan untuk menumbuhkembangkan kewirausahaan petani tambak udang, sehingga kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Dente Teladas ini dapat meningkat.

“Sedikit kita ulas tentang PT. Central Pertiwi Bahari (CPB). PT. Central Pertiwi Bahari adalah anak perusahaan dari PT. Central Proteina Prima, Tbk. (CPP) merupakan perusahaan yang memiliki tambak terbesar di Indonesia dan terintegrasi vertikal mulai dari indukan udang, pembesaran benur, budidaya udang, pabrik pakan udang, proses panen, pembekuan dan pemrosesan udang hingga ekspor. Sehingga dengan keberadaan PT. CPB di Kabupaten Tulang Bawang sedikit banyak telah membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan karena CPB telah banyak merekrut tenaga kerja,” jelasnya.

Winarti juga mengapresiasi Kemendes PDTT, dimana telah memberikan Perjanjian Kredit kepada para Petani Tambak dan juga menyerahan bantuan untuk Koperasi Unit Desa Bima Utama Sakti dan Bumdes. Perhatian yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten Tulangbawang tentunya dapat kami jadikan acuan untuk lebih berkomitmen mempercepat pengurangan desa tertinggal dan membangun desa yang maju dan mandiri.

“Partisipasi dari masyarakat dan para pihak Swasta yang ada di Daerah Kabupaten Tulangbawang tentu sangat kami butuhkan. Dan yang lebih penting, hal ini diharapkan akan dapat memupuk kebersamaan kita dalam melaksanakan tugas perencanaan, pelaksanaan serta pengendalian pembangunan yang dilaksanakan di kampung, tentu hal tersebut tetap diwarnai oleh kentalnya partisipasi, swadaya, dan peran aktif seluruh komponen masyarakat kampung, meningkatkan semangat gotong royong dan kebersamaan yang berujung pada rasa memiliki terhadap hasil pembangunan yang telah dilaksanakan, sehingga Kabupaten Tulang Bawang yang lebih bermartabat, aman, beragam, unggul dan berdaya saing akan dapat segera terwujud,” tutupnya.  (*)

Baca Juga

LPPD Tuba Desak Pemkab Terapkan Regulasi Pendistribusian Elpiji 3Kg

Tulangbawang,  Lintasberita- DPD LSM Lembaga Peduli Pembangunan Daerah (LPPD) Kabupaten Tulangbawang mendesak Pemerintah Kabupaten Tulangbawang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Send this to friend