oleh

“Musim Hujan” BPBD Tulang Bawang Siaga Hadapi Bencana

lintasberita.id- Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulang Bawang terus siap siaga dalam melakukan antisipasi menghadapi bencana diberbagai titik rawan banjir di Kabupaten berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur ini.

Kepala BPBD Tulang Bawang Kanedi mengatakan, perubahan cuaca dari musim kemarau ke musim hujan seperti saat ini, pihaknya telah siap siaga mengantisipasi ancaman bencana banjir.

“Dari 15 kecamatan diTulang Bawang, hanya ada 7 Kecamatan yang rawan terkena dampak bencana banjir, antara lain kecamatan Dente Teladas, Gedung Meneng, Menggala, Menggala Timur, Gedung Aji, Meraksa Aji, dan Kecamatan Rawa Pitu,” kata Kanedi, Minggu (2/2/2020).

“Ini sudah kita pantau terus, salah satunya dalam kenaikan air, saat ini kita juga sudah mempersiapkan peralatan- peralatan untuk mengantisipasi bencana, seperti perahu karet, viber, tenda, dapur umum dan logistik,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, dengan peralatan yang ada saat ini pihaknya mengaku sudah siap dalam menghadapi jika terjadinya bencana diwilayah Tulang Bawang.

“Perlengkapan yang ada itu sebagai kekuatan kami untuk menghadapi bencana, selain itu juga kita dibantu dari tim SAR, Basarnas, TNI, dan BPBD Provinsi Lampung,” timpalnya.

Selain itu, guna pencegahan terjadinya bencana, dia juga menghimbau kepada masyarakat agar dapat saling mendukung untuk mencegah terjadinya bencana, salah satunya dengan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

“Saya harap masyarakat dapat bersama- sama budayakan hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan, khususnya dalam menjaga lingkungan tetap bersih, contohnya seperti menjaga drainase agar tidak tersumbat dan pendangkalan drainase, katena itu yang memicu terjadinya banjir dikala musim penghujan datang” tandasnya. (Yant/Can)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed