Kriminal

Narkoba, 8 Orang Jaringan Lapas di Bekuk Polisi

Kapolres Lambar, AKBP Tri Suhartanto saat ekspos 8 tersanka narkoba

foto: istimewa
Lampung Barat, Lintasberita- Satuan Reserse Narkoba Polres Lampung Barat (Lambar) berhasil ungkap dan bekuk 8 orang jaringan Narkoba yang dikendalikan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Rajabasa, Bandarlampung. Empat diantaranya bersetatus nara pidana (Napi) Lapas setempat.

Kedelapan tersangka yang diamankan yakni, Es (20) warga Pekon Mandiri Sejati Kecamatan Krui Selatan, Pesisir Barat (Pesibar), RS (24) warga Kelurahan Negeri Jemanten Kecamatan Marga Tiga, Lampung timur (Lamtim), YE (24) Pelajar, Pekon Seranggas, Kecamatan Balikbukit, Lambar, MJ (21) warga Perumdam II Tanjung Raya Permai, Bandar Lampung, MA (21) Perumdan II Tanjung Taya Permai Bandar Lampung, AH (24) warga Perumdan II Tanjung Raya, Bandar Lampung dan RP (22) Way Halim serta MB (17) Suka Rame, Bandar Lampung.

Kapolres Lambar, AKBP Tri Suhartanto mengatakan, penagkapan ke 8 pelaku bermula dari hasil penangkapan ES (20) di Jembatan Bellay, Pekon Mandiri Sejati, Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Lambar) 14 agustus lalu. Dimana, dalam penangkapan tersebut ditemukan barang bukti narkoba golongan 1 (Ganja) seberag 7 ons.

“Bermula info dari masyarakat bahwa akan terjadi transaksi narkoba jenis ganja golongan 1 di Pekon Mandiri Sejati Kecamatan Krui Selatan, Pesibar. Tepatnya di Jembatan Bailey KM. 20 yang diketahui pelaku menggunakan kendaraan roda dua Merk Honda Hitam Merah dengan No.Pol. B 3276 KDZ,” katanya.

Dengan itu, lanjut Kapolres, anggota personil Polsek Pesisir Tengah dan Polres Lambar langsung melakukan Patroli serta melakukan razia dan pencegatan di Jalan alternatif Jembatan Bailey Km 20 Lintas Barat sekira Pukul. 02.50 Wib. Dan ternyata tersangka dengan ciri-ciri yang sama melintas di Jalan Putus Jembatan Bailey Km 20 Lintas Barat.

“Dilakukan penyetopan dan penggeledahan ditemukan 1 bungkus besar daun Ganja kering dibawah jok kendarannya. Dari pengakuan tersangka barang tersebut didapat dari RS,” ujarnya.

Masih kata Kapolres, pihaknya langsung melakukan pengembangan dari kasus tersebut dan berhasil mengamankan RS tidak berselang lama di pekon Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Selatan, Pesibar dengan barang bukti, satu buah tas ransel warna merah jambu yang di dalamnya berisi 2 paket narkotika jenis ganja yang dikemas berbentuk dadu dan persegi panjang.

“Berdasarkan keterangan pelaku bahwa dirinya mendapatkan ganja tersebut dari sodara IB sebanyak dua kilogram namun sebagian telah dijual kepada Sodara YE,” jelasnya.

Pihaknya kembali melakukan pengejaran berdasarkan keterangan dari tersangka yang telah diamankan. Dimana YE berhasil diamankan di Bandarlampung keesokan harinya,Rabu (15/8) di Perum Puri Gading Kecamatan Teluk Betung Barat, Bandar Lampung. Serta hasil pengembangan selanjutnya, pihak kepolisian berhasil mengamankan 6 orang tersangka. Empat diantaranya bersetatus sebagai narapidana di Lapas Rajabasa. (*)

Berita Terkini

Add Comment

Click here to post a comment

54 − 46 =