Headline Ruwa Jurai

Pangdam II/Swj Lepas Satgas OPS Pamtas Darat RI–PNG

Pangdam II/ SWJ saat lepas satgam Pamtas di pelabuhan Panjang, Lampung

foto: penrem
Bandar Lampung, Lintasberita- Upacara pelepasan Satgas Ops Pamtas Darat RI–PNG Yonif 143/TWEJ Tahun 2018, resmi dilepas oleh Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.Ip, M.Hum., upacara pelepasan tersebut digelar di Pelabuhan Panjang Lampung, Senin (27/8).

Direncanakan Yonif 143/TWEJ, akan bertugas selama 9 bulan ke depan melaksanakan Operasi Pengamanan Perbatasan Wilayah Darat RI–PNG, Mencegah Terjadinya Pergeseran Patok-Patok Batas Di Wilayah Perbatasan, Membantu Tugas Dan Fungsi Instansi Terkait Bidang Kamtibmas, Keimigrasian, Bea Cukai Dan Penanganan Awal Terhadap Pelanggaran Tindakan Ilegal Dan Beberapa Tugas Lainnya.

Dalam amanatnya Pangdam menyampaikan, sebagaimana Dipahami, Bahwa Wilayah Perbatasan Merupakan Beranda Depan NKRI Yang Bernilai Strategis Bagi Kedaulatan Negara.

Tugas Pengamanan Perbatasan Darat Negara Yang Akan Kalian Laksanakan Menempati 14 Pos, Merupakan Salah Satu Tugas Pokok TNI AD Dalam OMSP Sebagaimana Tertuang Dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 Tentang TNI, tujuan Kalian diberangkatkan Sebagai Satgas Ops Pamtas RI-PNG Yonif 143/TWEJmenggantikan Satgas Yonif Raider 323/Kostrad, dalam rangka menegakkan Kedaulatan Negara, Mempertahankan Keutuhan Wilayah NKRI Dari Ancaman Dan Gangguan Terhadap Keutuhan Bangsa Dan Negara Di Provinsi Papua.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan, bahwa Tugas Pengamanan Perbatasan Ini Harus Dimaknai Sebagai Amanah, Kehormatan, Kepercayaan, Harga Diri Dan Kebanggaan, karena tidak setiap Prajurit mendapatkan kesempatan melaksanakan penugasan seperti ini. “Oleh karena itu, laksanakan tugas Ini dengan penuh totalitas, semangat pengabdian, profesionalitas, dedikasi, disiplin dan rasa tanggung jawab yang tinggi, berbekal kemampuan dan keterampilan yang diperoleh selama melaksanakan latihan pratugas serta berbagai persiapan dan semangat pengabdian yang tulus sebagai prajurit profesional. “Saya yakin kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh pimpinan TNI, masyarakat, bangsa dan negara, dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Jadi jalankan tugas mulya ini dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab,“ papar Pangdam.

Diakhir amanatnya Pangdam memerintahkan kepada seluruh prajurit yang melaksanakan tugas untuk segera melakukan adaptasi dan selalu waspada. “Kenali betul adat dan budaya serta karakter masyarakat setempat, karena hal ini penting dilakukan guna mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan, terutama dari masyarakat. Kemudian implementasikan 8 Wajib TNI, taati dan ikuti semua petunjuk maupun perintah atasan serta protap-protap yang berlaku, pahami tugas dan tanggung jawab masing-masing perorangan, agar tidak ragu-ragu dalam bertindak, jaga dan hindarkan diri dari perbuatan yang melanggar hukum dan adat setempat, apa lagi yang berkaitan dengan pelanggaran Ham, karena setiap pelanggaran sekecil apapun, akan menjadi perhatian dan sorotan dunia Internasional,“ timpal Pangdam.

Usai menyampaikan amanatnya Pangdam II/Sriwijaya, mengecek pasukan dan meninjau kesiapan dan kelayakan Kapal pengangkut 450 orang prajurit yang akan berangkat melaksanakan tugas Ops Pamtas Darat RI–PNG Yonif 143/TWEJ Tahun 2018.

Turut hadir pada upacara pelepasan Kapolda Lampung Brigjen Pol Drs. Purwadi Arianto, Kabinda Lampung Brigjen TNI Daru Cahyono, Danrem 043/Gatam Kolonel KAV Erwin Djatniko, S.Sos, Danlanal Lampung Kolonel Laut Albertus Agung Priyo S, Danbrigif 4 Mar, Danlanud Pangeran M Bunyamin beserta unsur Forkopimda Provinsi Lampung. (rls/pen)

Berita Terkini

Add Comment

Click here to post a comment

+ 22 = 30