oleh

Pembuatan Kartu Kuning di Pemkab Pesawaran Cenderung Sepi

Lintasberita- Semenjak pandemi Covid-19, pembuatan kartu kuning (AK-1) di Kabupaten Pesawaran mengalami penurunan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), Heksus, Selasa (9/6/2020).

Heksus menuturkan, dimasa transisi ke New Normal saat ini dan masa kelulusan sekolah, tidak terjadi peningkatan yang signifikan dan terkesan menurun.

“Kalau berdasarkan data yang kita punya, para pembuat AK-1 masih merata dan cenderung turun dibanding tahun lalu, jika ada kelulusan jumlah pembuat AK-1 mengingkat,” kata Heksus, saat dihubungi melalui sambungan telponnya.

Dijelaskan dia, jika tahun sebelumnya usai Hari Raya dan kelulusan sekolah terjadi peningkatan yang cukup tinggi dalam pembuatan AK-1, namun sekarang memang relatif standar dan AK-1 juga digunakan hanya untuk persiapan, meskipun saat pertengahan puasa bulan lalu, sempat ada kenaikan jumlah pembuatan namun hanya beberapa saat.

“Kalau hasil yang disampaikan para pembuat AK-1 itu hanya digunakan untuk persiapan, jika ada lowongan dan sementara ini belum digunakan untuk melamar ke luar daerah. Tapi tidak tau juga kedepannya mungkin akan ada peningkatan,” tutur dia.

Dilanjutkan Heksus, meskipun pembuat AK-1 relatif sedikit, Disnakertrans tetap melakukan protokol kesehatan, seperti jarak tempat duduk, harus menggunakan masker, dan disiapkan tempat cuci tangan.

“Kalau sekarang ini, memang relatif sepi, perhari lima sampai sepuluh orang, meskipun begitu para pembuat kartu kuning, tetap harus mematuhi protokol kesehatan, dan kita juga sediakan tempat cuci tangan dan jaga jarak,” tutupnya. (Im/Ref)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed