Daerah

Pemkab Pesibar Laksanakan Musrenbang Tahun 2020

Musrenbag 2020 Kab Pesibar (ft.eko)

Pesisir Barat, LB- Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) melaksanakan musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) penyusunan RKPD kabupaten setempat untuk tahun 2020, di Kantor Kecamatan Way Krui, Rabu (6/2).

Dalam laporannya, Camat Way Krui, Aliyudin menyampaikan bahwa Musrembang tingkat pekon sudah direkap sesuai dengan yang sudah direncanakan namun apabila ada kekurangan kelengkapan dokumen dan peratin pun sangat berterima kasih kepada para peratin se-Kecamatan Way Krui yang telah mengajukan usulan demi meningkatkan kemajuan pekon yang ada di kecamatannya. Selanjutnya, rekapan tersebut akan dilaporkan kepada Pemkab Pesibar.

Sementara itu, dalam sambutannya, Syamsu Hillal yang mewakili Bupati Pesibar menyampaikan bahwa Musrembang RKPD kabupaten di kecamatan merupakan forum antar pelaku pembangunan di kecamatan dalam rangka menyusun dokumen RKPD kabupaten Pesibar tahun 2020. Kegiatan ini merupakan amanat dari UU No 25 tahun 2004 dan Permendagri No 86 tahun 2017.

“Setiap penyusunan dokumen perencanaan harus melalui proses Musrembang dan harus melibatkan usulan dari masyarakat, kemudian dilakukan seleksi berdasarkan pada prioritas daerah,” ujarnya.

Ditambahkannya, kegiatan ini merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan Musrembang pekon untuk penyusunan RKP desa.

“Hasil rekapitulasi dalam bentuk daftar usulan dari pelaksanaan Musrembang pekon tersebut harus menjadi dasar dalam pelaksanaan Musrembang RKPD kabupaten di kecamatan ini, agar tercipta sinergitas pembangunan,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, prioritas pembangunan Kabupaten Pesibar tahun anggaran 2020 meliputi 5 hal utama, yaitu pemberdayaan masyarakat untuk pengentasan kemiskinan, menjaga iklim investasi, menjaga kualitas dan kuantitas SDM, mempertahankan ketahanan pangan dan pembangunan infrastruktur daerah.

“Tema RKPD kabupaten Pesibar adalah “memacu pembangunan daerah dan mendorong investasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan daya saing masyarakat dengan pemerataan hasil pembangunan”, maka harapannya pada tahun 2020 mendatang semua sektor dalam kehidupan masyarakat dapat meningkat menjadi lebih baik,” pungkasnya.

Turut juga hadir dalam acara tersebut diantaranya Sekda, kepala dinas ketahanan pangan, sekretaris dinas sosial, dinas DPMPP, seluruh peratin dan perangkat pekon serta tokoh masyarakat se-Kecamatan Way Krui. (eko)

Berita Terkini

Add Comment

Click here to post a comment

+ 39 = 42