oleh

Pengadilan Negeri Tanjung Karang Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan

lintasberita.id- Pengadilan Kelas 1A Tanjungkarang menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 September 2019, dengan Inspektur Upacara (Irup) Ketua Pengadilan Negeri Tanjungkarang Timur Pradoko, SH., MH., di pelataran Pengadilan setempat. Senin (11/11/2019).

Dalam kesempatan itu, Timur Pradoko membacakan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Juliari P Batubara, bahwa setiap Hari Pahlawan, kita di ingatkam kembali tentang peristiwa pertempuran pada 10 November 1945 di Surabaya. Sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Kemerdekaan yang kita miliki ini, Lanjut Timur Pradoko. Bukan datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari pada pendahulu negeri. Semangat yang ditunjukan para pahlawan dan pejuang tersebut, hendaknya perlu terus di tumbuh kembangkan didalam hati sanubari segenap insan warga negara Indonesia.

Dengan memperingati Hari Pahlawan, diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, selain itu mari kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak- anak bangsa untuk menjadi “Pahlawan Masa Kini”.

Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain.

Semangat kepahlawanan dapat juga ditunjukan dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat dan juga membawa harum nama bangsa di mata International. Peringatan hari pahlawan, kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.

Usai melakukan upacara peringatan Hari Pahlawan, Timur Pradoko menyampaikan, bahwa sesungguhnya Hari Pahlawan itu diperingati setiap tangal 10 November, namun tahun ini pihaknya melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan mundur satu hari.

“Biasanya kita laksanakan tepat pada 10 November, tapi kita Pengadilan Negeri dan jajaran, memperingati serentak di tanggal 11 November, dan hal tersebut sesuai dengan surat edaran dari Mahkamah Agung yang memerintahkan untuk dilaksanakan pada Senin (11/11) hari ini,” timpalnya. (Eko)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed