oleh

Peresmian Gedung Galeri Tapis Pesawaran di Negeri Katon

lintasberita.id- Ketua Dekranasda Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi berharap kerajinan tapis dapat terus berkarya dan menciptakan produk inovasi. Hal tersebut di sampaikannya saat menghadiri peresmian Gedung Galeri Tapis Kecamatan Negeri Katon sekaligus Peluncuran Aplikasi Android Berbasis Online, di Desa Negeri Katon Kecamatan Negeri Katon, Jumat (18/10/2019).

“Maksud diadakannya kegiatan ini adalah untuk mendorong dan menumbuhkan para pengrajin tapis dan industri lainnya yang ada di Kabupaten Pesawaran, untuk terus berkarya dan menciptakan produk-produk yang inovatif,” ujarnya.

Nanda mengatakan, dengan diresmikannya Galeri Tapis ini, diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pengrajin tapis dan industri lainnya untuk membantu mengenalkan produk-produk yang dihasilkan.

Menurutnya, Galeri Tapis Kecamatan Negeri Katon merupakan lokasi yang cukup strategis, karena sebagai akses jalur yang dekat dengan Bandara Raden Intan II.

Selain itu, Desa Negeri Katon merupakan salah satu Kampung Tapis yang ada di Kabupaten Pesawaran, terdapat banyak jumlah pengrajin tapis yang ada di Kecamatan Negeri Katon yaitu sebanyak 273 Pengrajin.

“Hari ini Jumat 18 Oktober 2019, Dekranasda Kabupaten Pesawaran meluncurkan Aplikasi Dekranasda Berbasis Online dan yang pertama di Indonesia. Ini merupakan upaya kami dalam mengikuti perkembangan digitalisasi,” tambahnya.

“Hal ini merupakan strategi kami dalam melangkah membawa Tapis ke Alam Digital, kami harapkan dari kegiatan peresmian Galeri Tapis ini semakin maju dan berkembangnya kerajinan tapis sebagai Icon Khas Daerah Lampung. Selanjutnya, melalui Galeri Tapis dan Transaksi Digital, Ketahanan Budaya dan Peningkatan Ekonomi Rakyat di Kabupaten Pesawaran dapat tercipta,” kata Nanda.

Sementara Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran telah melakukan berbagai upaya guna meningkatkan kualitas kerajinan tapis.

“Seperti kita ketahui bahwa kain tapis merupakan salah satu jenis kerajinan tradisional masyarakat Lampung. Kain tapis saat ini diproduksi oleh pengrajin dengan ragam hias yang bermacam-macam sebagai barang komoditi yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi,” ujarnya.

“Sebagaii upaya peningkatan kualitas dan promosi produk kerajinan tapis di Pesawaran, Dekranasda Kabupaten Pesawaran bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pesawaran, mendirikan Gedung Galeri Tapis dengan dukungan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementrian Perindustrian Republik Indonesia yang terletak di Desa Negeri Katon, Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran,” kata Dendi. (Imron)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed