Headline Politik

Pilgub Lampung, Arinal – Nunik Kuasai 10 Kabupaten/Kota

foto: istimewa

Bandar Lampung, Lintasberita- Dua versi hitung cepat (quick count) yang dirilis Rakata Institute dan Real Count, Rabu (27/6). Arinal-Nunik, pasangan dengan nomor urut 3 tersebut mendapatkan posisi teratas dengan perolehan suara masing-masing, 38,6 persen (versi Real Qount) dengan kategori tingkat partisipasi sebesar 72 persen dan data masuk sebesar 80 persen sejak pukul 18.00 WIB.

Sementara versi Rakata Institut hasil kesimpulan sementara sejak pukul 17.00 WIB Arinal Djunaidi-Chusnunia 34,80% suara berdasarkan data masuk 95,62% masing-masing kandidat calon Gubernur Lampung dan tingkat partisipasi pemilih sebesar 73,15%, lebih unggul dari pasangan Ridho Ficardo-Bachtiar Basri dengan perolehan 27,58%, Herman Hasanusi-Sutono 26,69%, Mustafa-Ahmad Jajuli 10,93% suara.

Sedangkan Arinal-Nunik mendapatkan suara tertinggi di 10 Kabupaten/Kota yakni, Lampung Barat, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Utara, Metro, Tulang Bawang, Pringsewu, Mesuji, dan Tanggamus dengan tingkat partisipasi pemilih mencapai 100 persen.

Direktur Rakata Institut Dr. Eko Kuswanto dalam keterangan persnya di Hotel Emersia, Rabu (27/6) menyampaikan bahwa, perhitungan hasil sementara Pilgub Lampung ini, berdasarkan metodologi Quick Count yang dilaksanakan dengan sampel 137 TPS yang tersebar secara proporsional setiap Kabupaten di Provinsi Lampung. “Sampel dipilih menggunakan metode Stratified Random Sampling,” kata dia.

Lanjut dia, diperkirakan toleransi kesalahan (margin of error) pada quick count ini secara total +/- 2% pada tingkat kepercayaan (confidence level) 99%.

“Artinya, perolehan hasil suara dari calon kandidat pada Quick Count ini bisa bergeser ke atas atau bergeser ke bawah sebesar +/- 2%,” tukasnya.

Rakata Institute, sambung Eko, telah berpengalaman selama 30 kali menyelenggarakan Quick Count (Hitung Cepat) selama periode 2008 – 2017, terakhir saat Pilkada Serentak 2017 lalu.

Hasil – hasil Quick Count Rakata selalu presisi dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah serta dapat diketahui publik secara cepat hanya beberapa jam setelah proses perhitungan suara selesai. Rakata Institute telah selesai melakukan Quick Count Pilkada Serentak.

Rakata Institute menempatkan 444 relawan untuk bertugas pada 444 TPS yang tersebar se-Provinsi Lampung. (red)

Berita Terkini

Add Comment

Click here to post a comment

62 + = 71