oleh

Polda Lampung Bersama Pemkot Bandar Lampung Bersih- Bersih Sampah Di Area Pantai

Bandar Lampung, LB-  Jajaran Polisi Daerah (POLDA) Lampung menggandeng Pemerintah kota (Pemkot) Bandar Lampung, menggelar Apel bersama dan bersih pantai di areal pantai Sukaraja dalam rangka memperingati hari Peduli Sampah Nasional yang ke-14. Acara digelar di Pesisir Pantai Sukaraja, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Bumiwaras, Kamis (21/02).

Kapolda Lampung, Irjen Pol. Purwadi Arianto mengungkapan, bahwa Polda Lampung mengapresiasi seluruh stakeholder yang turut mendukung kegiatan tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih Kepada Bapak Walikota Herman HN yang selalu ini peduli terhadap lingkungan, khususnya permasalahan sampah di pesisir, juga kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan bersih pantai ini,” terangnya.

Kapolda menerangkan, bahwa di wilayah pesisir pantai ini dipenuhi banyak sampah yang menumpuk disekitar bibir pantai, dengan tujuan agar para masyarakat sekitar dapat peduli lingkungan dengan cara tidak membuang sampah di laut.

“Kami Polda Lampung yang dibantu oleh pemkot Bandar Lampung, fokus diwilayah kota khususnya wilayah yg memiliki teluk untuk membantu bersih-bersih sampah, guna menyadarkan masyarakat sekitar akan kebersihan lingkungan agar tercipta lingkungan yang bersih dan sehat,” terangnya.

Kapolda juga menghimbau kepada warga sekitar agar mulai meminimalisir penggunaan sampah plastik dan menggantinya dengan kemasan yang ramah lingkungan, yang bisa dipakai berulang kali.

”Kami juga ingin mengingatkan kepada para warga, agar mulai saat ini, dimulai dari kita sendiri untuk mengurangi pemakaian plastik dan tidak membuangnya ke laut,” tandasnya.

Sementara, Walikota Bandar Lampung Drs. H. Herman HN, MM, yang ikut aktif dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, bahwa kegiatan yang dilakukan ini merupakan upaya Pemkot Bandar Lampung beserta seluruh stakeholder terkait untuk menyadarkan akan bahaya sampah plastik.

”Hari ini, kita melakukan kegiatan bersih-bersih, khusunya sampah plastik yang ada di pantai ini (Sukaraja, -red), dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional ke-14, sehingga masyarakat yang ingin berwisata kesini bisa lihat pantai indah bersih, tanpa adanya sampah plastik,” ungkapnya.

Walikota Herman HN juga mengingatkan kepada seluruh warga kota Bandar Lampung agar tidak membuang sampah ke laut. Karena hal tersebut merupakan salah satu pemicu menumpuknya sampah di pinggiran pantai, terutama sampah plastik yang sangat sulit terurai.

”Saya menghimbau kepada para warga Bandar Lampung, agar jangan buang sampah ke sungai, supaya hilirnya juga bersih,” ucapnya.

Walikota Herman HN melanjutkan, meski pantai Sukaraja ini tidak akan mungkin bersih dari sampah plastik, namun pihaknya berjanji akan terus berusaha melakukan pembersihan secara berkala dengan mengangkut sampah yang ada per- 3 bulan.

”Sampah-sampah ini tidak mungkin akan hilang, karena sampah dari tanggamus, pesawaran dan bagian pesisir lainnya pasti larinya kesini, karena ini teluk jadi gelombang mengarahnya kesini, nanti kita lakukan pembersihan secara berkala per 3 bulan dengan melibatkan satker terkait. Kami punya tim khusus, 150 orang untuk lingkungan hidup dan penanggulangan bencana sekitar 200 orang untuk membersihkan sampah disini,” pungkasnya. (eko)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed