Daerah Pesawaran

Polemik PKH Pesawaran, Iskar Siap Beri Keterangan Ke Polisi

foto: Imron
Koordinator PKH Pesawaran Iskar saat di konfimasi media

lintasberita.id- Koordinator PKH Kabupaten Pesawaran Iskar mengaku siap dan bersikap objektif apabila nantinya harus memberikan keterangan dihadapan Kepolisian. Hal tersebut di sampaikannya di kantor Dinas Sosial Kabupaten Pesawaran di dampingi Koordinator Wilayah (Korwil) PKH Provinsi Lampung Slamet Riyadi.

“Jika kami dibutuhkan untuk diminta keterangan terkait masalah ini, ya silahkan saja memang itu tugas Kepolisian. Dan kita siap, kami yakin Polisi akan mencari kebenaran,” ungkapnya, Jumat (19/7/2019).

Menurutnya, pihaknya telah melakukan diskusi bersama stake holder terkait untuk membahas persoalan ini. “Kita juga sudah berdiskusi dengan Dinas Sosial dan Bank Mandiri Cabang Gading Rejo untuk membahas hal ini,” ujarnya.

Dikatakannya lebih lanjut, pihak Bank sendiri sudah mengakui ada kesalahan penyampaian terkait hal ini. “Tadi pihak Bank mengakui kalau ada kesalahan, karena yang dimaksud adalah bukan PKH, itu diketahui setelah pihak Bank melihat aplikasi mereka, tapi saya kurang paham aplikasi seperti apa, coba dikonfirmasi kepada pihak Bank,” lanjutnya.

Sebelumnya, penyidik Polres Pesawaran segera turun ke lapangan guna mengumpulkan data dan keterangan terkait dugaan korupsi dalam penyaluran dana Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Pesawaran.

Kapolres Pesawaran AKBP Popon Ardianto Sunggoro mengatakan, bahwa petugas telah menerima informasi tersebut dan segera melakukan pengumpulan data (Puldata) dan pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket).

“Oh ya,kita sudah dapat informasi tersebut. Nanti kita segera turun untuk Puldata dan Pulbaket, apakah ada atau tidaknya perbuatan melawan hukum atau kerugian negaranya. Karena, kalau dana PKH yang diperuntukkan ke masyarakat artinya itu uang Negara. Nah,kalau itu yang terjadi berarti ada dugaan tipikornya,” kata dia, Kamis (18/7).

Dugaan adanya Tindak Pidana Korupsi pada pendistribusian PKH di Bumi Andan Jejama tersebut akan menjadi salah satu fokus penyidikan Polres Pesawaran. Pasalnya, diperkirakan hampir ratusan milyar dana pemerintah pusat tersebut mengalir ke masyarakat penerima manfaat PKH.

“Yang pasti kita akan dalami secara administrasi dan Pidananya, karena tipikor itu salah satunya adalah kesalahan administrasi yang akibatkan pidana,” tegas dia.

Informasi yang dihimpun lintasberita.id beberapa data terkait dugaan korupsi pada pendistribusian PKH Kabupaten Pesawaran banyak disinyalir disalah gunakan. (Imron)

Add Comment

Click here to post a comment

− 5 = 5

Lintas Berita di Twitter