oleh

Polres Pesawaran Gelar Pelatihan VCD Fungsi Teknis Humas

Lintasberita- Kapolres Pesawaran meminta kepada jajaran Humas lebih meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memberikan informasi dan sebagai corong institusi Polri di Kabupaten setempat. Hal tersebut disampaikan AKBP Vero Aria Radmantyo dalam Pelatihan VCD Fungsi Teknis Humas Polres Pesawaran Tahun 2020 di Aula Mapolres setempat, Kamis (11/6/2020).

“Kegiatan ini harus serius dan fokus guna meningkatkan SDM dalam mempublikasikan seluruh kegiatan Polres Pesawaran. Untuk diketahui, Humas merupakan bagian marketing, dimana harus bisa memasarkan kegiatan kita, sampaikan sesuai dengan kondisi yang ada dan diera sekarang ini informasi di dunia maya itu tanpa batas untuk mengetahui apa yang terjadi dipenjuru dunia,” kata dia.

Menurutnya, majunya teknologi di dunia maya akan mendorong masyarakat lebih agresif dalam menyebarkan informasi yang diketahuinya.

“Untuk itu, kita dalami materi soal bagaimana cara mengemas berita dan photo agar dapat menyampaikan kepada publik dengan baik. Humas menjadi corong lembaga, untuk itu harus bisa mengcover berita negatif dengan berita positif agar dapat berimbang. Sehingga tidak menimbulkan kegaduhan ditengah masyarakat, ” ujar dia.

Selain itu, Vero juga menegaskan bahwa Humas menjadi ujung tombak dalam melakukan komunikasi dengan masyarakat. Untuk itu, menjalin kerja sama dengan berbagai pihak pun harus dijalin dengan aktif.

“Humas menjadi tulang punggung Polri di Pesawaran, jalin kerjasama dengan semua media baik cetak, TV dan media online. Humas harus bisa menyaring informasi, jangan asal terima sehingga bisa mengeluarkan berita yang positif,” jelas dia.

“Semoga, apa yang didapat dari pemateri akan menjadi pegangan untuk disampaikan kepada anggota atau rekan lainnya soal bagaimana cara mengemas berita atau informasi untuk publik,” tutur dia.

Ditambahkan Kabag Sumda Polres Pesawaran Kompol S. Hidayat Hutasuhut, bahwa kegiatan dilangsungkan dalam rangka meningkatkan kualitas jajaran guna menghadapi kemajuan teknologi.

“Pelatihan ini penting, agar jajaran humas dimasing- masing satuan dan Polsek dapat melaksanakan tugas dengan tepat dan kreatif. Terutama dalam mengelola menejemen informasi yang disampaikan kepada publik,” kata dia.

Sementara itu, Sapto Firmansis, Seksi Hubungan Antar Lembaga PWI Kabupaten Pesawaran, sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut menjelaskan, bahwa pihak Polri harus bisa bersinergi dengan media, agar terciptanya berita dan informasi yang berimbang.

“Selain bersinergi, anggota Polri juga harus faham tata cara penulisan rilis serta mengambil gambar photo kegiatan atau kejadian, agar pembaca lebih paham akan isi dari informasi yang disampaikan tersebut,” jelas Sapto. (Im/ref)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed