Kriminal

Polres Tuba Ungkap Pelaku Curat Bongkar Rumah

Tulangbawang, Lintasberita-  Kembali, Tekab 308 Satuan Reskrim Polres Tulangbawang, beserta personel Polsek Gedung Aji, dipimpin Kasat Reskrim Polres Tuba AKP Donny Kristian Bara’langi, S.I.K berhasil mengungkap pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) yang melanggar Pasal 363 KUHPidana, Kamis (22/2) dengan modus bongkar rumah (toko bangunan) dalam tempo tidak sampai 1X24 jam.

“Penangkapan pelaku curat berdasarkan LP/01/II/2018/Polda Lampung/Res Tuba/Sek Ged Aji, Tanggal 22 Feb 2018 dengan Korban Nur Rohim bin Sahmin, (20), warga Kp. Bina Bumi Kecamatan Meraksa Aji, Kabupaten Tuba,” ujar AKP. Donny Kristian Bara’langi, Sabtu (24/2).

Lebih lanjut Dony menyebutkan, pada hari Kamis (22/2, sekitar pukul 02.00 Wib, pelaku mengambil sepeda motor milik korban yang di parkir di dalam garasi toko bangunan. Setelah itu, pelaku mengambil STNK sepeda motor korban yang ada di dompet yang disimpan di dalam lemari dalam kamar korban dan saksi yang bergandengan dekat garasi toko bangunan, serta mengambil tas kain warna coklat yang digantung di tembok di dalam kamar dan mengambil hp yang sedang dicas di dalam kamar tidur korban dan saksi.

“Barang – barang milik korban yang telah dicuri oleh para pelaku, diantaranya 1 unit sepeda motor Yamaha Vixion warna merah no.pol BE 9868 JW dengan ciri-ciri khusus tank penyok di bagian tengah dan samping kanan, lampu dan spidometer dilepas hanya di pasang boklam, berikut STNK sepeda motor di bawa pelaku,” jelasnya.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan pihak kepolisian, adalah 1 unit Hp Oppo Neo 7 warna hitam dengan no sim card 085279092096 milik korban Nurrohim, 1 unit Hp Oppo Neo 7 warna putih dengan no sim card 081367602701 milik saksi Feri, 1 unit Hp Strawberry warna hitam tanpa sim card /milik korban Nurrohim.

Sejumlah barang yang hilang di sungai, milik saksi feri, diantaranya 1 buah tas kain warna coklat yg berisi ktp, 1 buah cassan hp warna putih, 1 buah power bank warna putih.

Tekab 308 Satuan Reskrim Polres Tulang Bawang beserta Gabungan Personel Reskrim Polsek Gedung Aji langsung melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus curat bongkar rumah tersebut.

“Tidak lama kemudian kami langsung turun ke TKP. Selang waktu 17 jam sekitar pukul 19.00 Wib, personel Satuan Reskrim Polres Tuba langsung mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada 1 unit motor merk Yamaha Vixion warna merah dengan nopol BE 9868 JW.

Setelah itu pelaku Jauhari bin Jahri (Turut Serta) berhasil dibekuk di wilayah Kampung Karata, Kecamatan Tulangbawang Udik, Tulangbawang Barat sekitar pukul 21.30 Wib, beserta ranmor R2 yang terjadi di wilayah hukum Polsek Gedung Aji.

“Kemudian dari situ kami langsung bergeser lagi untuk melakukan pengembangan terhadap pelaku utama yang informasinya berada di wilayah Kampung Penawar, Kecamatan Gedung Aji, Tulangbawang dan dari pergeseran tersebut sekitar pukul 23.45 Wib, kami juga berhasil mengamankan pelaku lain Apri Ardianto als Sep bin Subirhan (pelaku utama) berikut barang bukti berupa ranmor R2 milik pelaku yang digunakan saat melakukan aksinya, dan juga 2 unit HP Oppo milik korban,” jelasnya.

Setelah penangkapan terhadap kedua pelaku, selanjutnya pada pukul 02.00 Wib, pihak kepolisian mengarahkan pelaku untuk mencari BB lain berupa 1 unit HP dan tas yang berisi STNK, dompet, serta KTP milik korban yang belum diserahkan oleh kedua pelaku di sekitaran Sungai Tulangbawang Kampung Penawar, Kecamatan Gedung Aji, Tulangbawang.

“Menurut keterangan pelaku, bahwa tas tersebut berisikan 1 unit HP lain beserta surat – surat berharga milik korban yang dibuang oleh salah satu pelaku disekitaran sungai itu namun begitu dilakukan pencarian tas yang dimaksud sudah tidak ditemukan lagi karena arus sungai di lokasi tersebut sangat deras,” tuturnya.

Selanjutnya, pada pagi hari, sekitar pukul 05.00 Wib, kedua pelaku berikut BB ranmor R2 milik korban, milik pelaku, dan 2 unit HP milik korban langsung diamankan oleh Polres Tulangbawang. (wan)

Berita Terkini

Add Comment

Click here to post a comment

20 + = 26